Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SAAT ini, banyak sekali perempuan Indonesia yang mengenakan hijab. Tidak sekadar penutup kepala, hijab memang diwajibkan untuk dikenakan oleh para muslimah.

Sayangnya, tidak semua muslimah pandai menyimpan hijab. Alih-alih telah disetrika atau dirapihkan, namun ketika hendak memakainya justru terlihat lecek dan kusut.

Meskipun menjadi barang yang tidak terlalu besar, kerapihan hijab perlu diperhatikan. Yang terpenting adalah cara penyimpanannya harus benar, sehingga walaupun sudah disetrika dan digantung, hijab tidak akan kusut kembali saat hendak dipakai.

Ada dua kesalahan fatal saat menyimpan hijab, yang membuatnya perlu disetrika kembali ketika digunakan:

1. Menumpuk hijab

Terbiasa menumpum hijab di dalam lemari akan membuatnya mudah lecek. Meskipun sudah disetrika, tekanan pada hijab bisa membuatnya meninggalkan garis lipatan. Garis ini yang membuat hijab terlihat tidak rapi saat kenakan.

2. Hindari melipat hijab di area yang sama

Kamu juga harus menghindari melipat hijab di bagian yang sama secara berulang. Karena, tanpa sadar hal ini bisa menimbulkan garis lipatan yang permanen, yang membuat hijab menjadi mudah rapuh dan sobek.

Nah, agar tidak lagi kusut saat hendak dipakai, sebaiknya ini yang kamu lakukan:

  • Menggantung hijab dengan cara yang benar

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menggantung hijab menggunakan hanger dengan cara yang benar. Yaitu, setelah dicuci, gantung hijab dengan hanger agar menghilangkan kerutan-kerutan yang membuat tampilannta terlihat kusut dan lecek.

Cara menggantungnya, pastikan kamu melipat hijab secara horizontal. Hindari melibat hijab di bagian tengah, karena akan membuat tampilan hijab menjadi bergaris dan tidak tegak saat digunakan.

  • Simpan di kotak bersekat

Menyimpan di kotak bersekat akan membuat hijab tetap rapu dan tidak mudah kusut. Selain itu, menyimpan di kotak bersekat juga hemat tempat. Kamu hanya perlu melipat hijab menjadi bentuk persegi, sesuai dengan ukuran kotak penyimpnan.

  • Pisahkan hijab sesuai dengan bahannya

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memisahkan hijab sesuai dengan bahannya. Sebab, bahan hijab yang berbeda juga memerlukan perawatan yang berbeda, misalnya bahan ultrafine yang mudah kusut walaupun sudah disetrikan.

Tidak perlu perawatan yang sulit dan mahal, yang perlu diperhatikan adalah cara penyimpanan hijab yang benar agar tidak mudah kusut dan sobek.




Lengkapi Busana Kerjamu dengan Koleksi Syakeph Official x Anggiasari Mawardi

Sebelumnya

Hijab Pashmina untuk Gaya Simpel nan Anggun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga