Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KETOMBE adalah masalah yang kerap kali dialami semua orang, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Meski tidak menyebabkan hal yang serius, namun memilki ketombe dapat mengganggu aktivitas sehari-hari hingga bisa menurunkan rasa kepercayaan diri.

Biasanya ketombe bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering hingga terasa perih, akibat terlalu sering digaruk. Dalam medis, ketombe juga bisa dikategorikan sebagai dermatitis seboroik, kondisi kulit ini menyebabkan bercak bersisik dan memerah pada kulit kepala.

Tanpa sadar, ternyata banyak kebiasaan yang seringkali kita lakukan, yang dapat memperparah kondisi ketombe.

Terlalu sering keramas

Biasanya kamu akan menganggap keramas bisa mengurangi ketombe di rambut, namun ternyata terlalu sering keramas justru membuat ketombe semakin parah. Seperti dimuat Bebeautiful, keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami di dalam rambut. Padahal, minyak itu memiliki manfaat menutrisi rambut dan kulit kepala. Ketika minyak rambut, kulit kepala menjadi kering dan memperparah ketombe.

Menggunakan sampo yang kurang tepat

Menggunakan jenis shampo yang salah dapat memicu kulit kepala semakin kering dan menimbulkan serpihan putih yang menyebabkan ketombe. Pilihlah jenis sampo yang memang dikhususkan unutk permasalahan rambut, seperti sampo rambut berketombe atau rambut rontok.

Menggaruk kulit kepala terlalu keras

Biasanya ketombe akan menimbulkan rasa gatal yang memicu kamu dengan tanpa sadar menggaruk kulit kepala. Sayangnya, menggaruk kulit kepala dengan berlebihan dapat membuat kulit menjadi terkikis dan memperburuk masalah ketombe.

Pola makan dan gaya hidup tidak sehat

Misalnya, terlalu sering konsumsi makanan olahan, gula, dan junk food. Makanan tersebut dapat menyebabkan peradangan dan akhirnya menyebabkan ketombe parah di kulit kepala.

Menggunakan produk penataan rambut berlebihan

Menggunakan hairspray, gel, wax, dan produk penata rambut lainnya dengan berlebihan dapat membuat ketombe semakin parah. Sebab produk ini banyak mengandung alkohol yang menyebabkan kulit kepala mengalami iritasi dan mengering.

Tidak menggunakan sunscreen rambut

Banyak yang berpikir bahwa sunscreen hanya digunakan untuk kulit tubuh, namun sunscreen rambut juga perlu digunakan dalam melindungi rambut dari sinar matahari.

Nah, itu tadi kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan ketombe di rambutmu semakin parah. Untuk mengatasinya, hindarilah kondisi-kondisi yang telah disebutkan di atas.




Limited Stock, Buttonscarves Gandeng Halima Aden Luncurkan Koleksi The Crown Series

Sebelumnya

Ini Dia Kesalahan Pemakaian Sunscreen yang Harus Kamu Hentikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga