Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SAAT ini, hijab sudah menjadi tren di kalangan kaum hawa. Mengikuti perkembangan tersebut, berbagai produk perawatan kulit yang hijab friendly muncul di mana-mana.

Salah satunya adalah sampo. Banyak produsen yang menawarkan sampo khusus hijabers, karena memang fokus pengguna hijab ada pada rambut yang tertutup. Permasalahannya cukup banyak, mulai dari rambut bau, mudah rontok, dan berketombe.

Yang menjadi pertanyaan, seberapa penting produk sampo khusus hijabers ini digunakan? Apakah semua pengguna hijab sebaiknya beralih menggunakan sampo khusus ini?

Dalam akun Instagramnya, dokter spesialis kulit dan kelamin, Arthur S, SpKK FINSDV mengatakan, yang menjadi permasalahan sebenarnya bukanlah perihal penggunaan sampo khusus hijab, tapi pada bagaimana mengatasi kulit kepala dan rambut yang tertutup oleh hijab.

“Ada banyak masalah yang dikeluhkan pengguna hijab, mulai dari kulit kepala gatal dan ketombean sampai rambut rontok dan berbau. Ini yang harus diatasi. Apakah harus dengan sampo khusus, belum tentu juga,” kata Arthur.

  • Kepala Gatal dan Ketombean

Yang paling dikeluhkan oleh pemakai hijab adalah kulit kepala gatal dan ketombean. Hal ini wajar, karena rambut tertutup selama beberapa jam oleh hijab.

Kulit kepala gatal bisa disebabkan oleh jamur, dan jamur sangat senang berada di tempat yang lembab. Karena itu, disarankan untuk tidak langsung mengenakan hijab setelah keramas. Pastikan rambut dan kulit kepala kering sebelum menggunakan hijab.

  • Rambut Rontok

Keluhan kedua adalah rambut rontok. Menurut dr Arthur, ini erat kaitannya dengan ikatan rambut di dalam hijab. Sebaiknya, ikatan rambut jangan terlalu keras karena dapat menyebabkan friksi yang lebih besar dan membuat rambut mudah rontok.

Jika permasalahannya sudah diketahui, yang sebaiknya dilakukan adalah rajin mencuci hijab. Selain untuk menjaga kebersihan rambut dan menghindari jamur, hijab yang sering dicuci mencegah munculnya jerawat.

“Menggunakan hijab tidak akan membuat rambut bermasalah bila tahu cara merawatnya dengan baik dan benar. Justru penutup kepala seperti hijab dan topi, bisa melindungi kulit kepala dan rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari,” ujar Arthur.

Dan terkait penting atau tidaknya menggunakan sampo khusus hijab, menurut dia tidak terlalu penting. Karena, jika sudah tahu letak kesalahannya di mana dan dilakukan perawatan rambut yang baik dan benar, tidak akan ada masalah.




Indonesia Hadirkan Solusi Perawatan Kecantikan Kulit Tercanggih

Sebelumnya

Belang pada Kulit Wajah, Atasi dengan 6 Cara Efektif Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga