Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KETIKA timbul jerawat di wajah, hal itu menandakan adanya pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran dan sel kulit mati. Penyumbatan tersebut dapat menimbulkan komedo yang akan menimbulkan kemerahan pada wajah.

Namun, ternyata, tahukah kamu bahwa setiap jerawat yang muncul di bagian wajah memiliki penyebab yang berbeda-beda? Mulai dari kondisi wajah, gaya hidup, lingkungan, dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya.

Jerawat di dahi, misalnya. Jerawat di dahi banyak disebabkan oleh rambut yang kotor, terutama jika rambut kamu berponi. Poni dapat mengikat kotoran dan minyak yang akan menempel di dahi. Akhirnya, pori-pori akan tersumbat dan muncullah jerawat.

Jerawat di dahi biasanya menjadi pertanda munculnya hormon stres. Sebaiknya, jaga kebersihan rambut dan kurangi stress untuk mengatasi jerawat yang timbul di dahi. Gunakan skin care yang mengandung retinol atau salicylic acid untuk menghilangkannya.

Jerawat di hidung biasanya muncul pada wajah berminyak. Kelenjar sebaceous (penghasil sebum wajah) yang lebih banyak membuat komedo lebih rentan timbul dan menyebabkan jerawat.

Untuk mengatasinya, lakukan eksfoliasi rutin terutama di daerah hidung agar komedo terangkat. Hindari memencet komedo, karena hal tersebut akan membuat komedo membesar dan menumpuk lebih banyak minyak, sel kulit, mati, serta bakteri lain yang memicu jerawat.

Jerawat di pipi disebabkan kebiasaan menyentuh wajah, menempelkan ponsel ke pipi, jarang mengganti sprei dan sarung bantal, serta menggunakan kuas makeup yang jarang dicuci.

Gunakan skin care yang mengandung benzoil peroksida, untuk mengobati jerawat di pipi. Kandungan tersebut juga dinilai dapat menyumbat pori-pori dan menurunkan pertumbuhan bakteri di wajah.

Jerawat di dagu disebabkan oleh hormon yang sedang meningkat, misalnya menstruasi. Untuk mengatasi jerawat di dagu, gunakan skin care yang dapat membantumu mengontrol minyak berlebih di wajah dan mengurangi peradangan.

Nah itu dia, faktor-faktor yang menyebabkan munculnya jerawat di wajahmu, serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health