Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

BARU-baru ini muncul kabar tidak mengenakan dari Bunga Citra Lestari. Aktris sekaligus penyanyi ini dikabarkan tengah berbadan dua, karena perutnya yang terlihat membuncit.

Saat dimintai konfirmasinya, ibu satu anak yang akrab disapa BCL ini menegaskan bahwa dirinya tidak sedang mengandung. Namun ia tengah mengalami bloating yang menyebabkan perutnya membuncit.

“Mungkin perut saya sedang bloating atau sedang datang bulan. Semua kemungkinan itu bisa menyebabkan bentuk perut saya membuncit,” aku BCL.

Mengenal Bloating

Bloating atau istilah dari perut kembung atau begah adalah kondisi umum yang dialami semua orang ketika perut terasa penuh dan tidak nyaman. Kondisi ini bisa menyebabkan perut nampak terlihat seperti membuncit.

Dikutip dari National Health Security, penyebab perut kembung adalah terlalu banyak gas yang berada di usus. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa makanan yang mengandung fruktosa dan minuman bersoda.

Selain itu, bloating juga dapat terjadi karena hal-hal lain, seperti:

  • Makan terlalu cepat

Makan dengan cepat menyebabkan kita melahap makanan dengan kunyahan yang tidak halus dan potongan makanan yang masih besar. Hal ini dapat menyebabkan lambung dan usus bekerja lebih keras untuk mengurai makanan.

  • Dehidrasi

Usus dan lambung membutuhkan air untuk mempercepat kerja dalam tubuh. Kekurangan air tak hanya membuat kerja usus lebih lambat, juga makanan dalam usus akan mengeras sehingga perut menjadi kembung.

  • Diet Ketat

Ketika menjalani program diet, seringkali kita mengurangi kalori secara berlebihan. Ternyata ini tidak baik untuk kesehatan. Saat melakukan diet ketat, tidak ada asupan makanan di dalam lambung dan. Akhirnya gas menumpuk, asam lambung meningkat, dan bloating.

  • Terlalu banyak konsumsi makanan pedas

Rasa panas yag disebabkan oleh makanan pedas dapat merapuhkan permukaan lambung sehingga mudah iritasi dan terjadi gastrtis.

  • Terlalu banyak konsumsi buah dan sayur

Buah juga dapat penyebab kembung karena kandungan Fruktosanya. Bakteri pada usus besar kita sangat menyukai Fruktosa, namun jika terlalu banyak dapat menimbulkan gas di perut.

  • Terlalu lama duduk

Ketika terlalu lama duduk, usus akan terdorong ke atas dan dapat menyebabkan usus kering sehingga terjadinya kembung.

Untuk mengatasi perut yang membuncit, perlu diperhatikan apa yang kita makan. Hindari makanan serta minuman bersoda, lakukan olahraga seperti sit up, berlari, push up, dan sebagainya untuk mengecilkan perut.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health