Peregangan, selain membakar kalori juga bisa menghilangkan kantuk/Net
Peregangan, selain membakar kalori juga bisa menghilangkan kantuk/Net
KOMENTAR

TERLALU lama duduk berjam-jam, ternyata dapat memicu berbagai masalah kesehatan hingga memperlambat metabolisme tubuh. Hal ini akan memicu kenaikan berat badan, meskipun kamu jarang makan atau ngemil.

Jika tidak punya waktu untuk berolahraga, berikut ada cara-cara untuk membakar kalori yang bisa dilakukan di tengah jam-jam kerja.

1. Lakukan peregangan

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, peregangan samping yaitu duduk tegak lalu angkat tangan ke atas kepala. Tautkan kedua tangan dan condongkan tubuh ke arah kanan dan kiri selama 10-20 detik atau hingga telah terasa meregang di kedua sisi tubuh. Atau posisi cat-cow, posisi cat-cow hanya perlu menautkan tangan di atas kepala lalu mencondongkan tubuh ke depan hingga membentuk huruf c. Lakukan ini sambil melepas napas, lalu tarik napas, dan melengkungkan tubuh ke belakang.

2. Kerja sambil berdiri

Bekerja sambil berdiri dapat membakar kalori jauh lebih besar, meskipun jumlahnya tak banyak. Riset yang diterbitkan di Journal of Physical Activity and Health ini menyebut ketika duduk, dapat membakar 80 kalori perjam, sementara jika kita berdiri, dapat membakar lebih banyak kalori sekitar 88 kalori per jam. Peneliti menyarankan untuk memberikan jeda dengan berjalan-jalan kecil, terutama saat jam makan siang. Berjalan-jalan kecil dapat memberikan pembakaran kalori hingga 100 kalori.

3. Jaga postur tetap tegak

Postur tubuh yang tegak dapat melatih beberapa otot badan, punggung, dan bahu. Postur tubuh yang tegak dapat mengencangkan perut selama 60 detik dan dapat membakar lebih banyak kalori.

4. Latihan angkat kaki

Latihan ini sangat baik untuk mengencangkan tubuh bagian bawah dan membakar kalori di tengah-tengah jam kerja. Kamu cukup duduk tegak dan angkat tumit dari lantai dan turun lagi ke bawah. Ulangi 10-15 kali. Untuk dapat lebih membakar banyak kalori, tekan tangan ke lutut sebagai beban tambahan, sehingga kalori lebih banyak terbakar.

5. Push up meja

Melakukan push up di meja, dengan menumpukan kedua tangan di meja dan bergerak depan ke belakang bisa dilakukan di tengah-tengah jam kerja.

6. Pura-pura jalan kaki

Jika kondisi di dalam kantormu tidak memungkinkan untuk berjalan kaki, kamu bisa mencoba alternatif lain dengan pura-pura berjalan kaki di kursi. Kamu hanya perlu untuk duduk tegap, sementara kaki kiri dan kanan digerakkan secara bergantian seperti sedang berjalan kaki. Ulangi sebanyak yang kamu bisa.

Lakukan cara-cara berikut agar kamu tetap bisa menjaga berat badan tubuh ketika tidak bisa berolahraga karena rutinitas pekerjaan yang sangat padat.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health