Ibu bahagia, anakpun tak kehilangan cinta/Net
Ibu bahagia, anakpun tak kehilangan cinta/Net
KOMENTAR

SETIAP manusia memiliki luka masa lalu. Luka tersebut didapat dari pola asuh orangtua, yang kemudian sangat membekas dan terbawa hingga dewasa, bahkan sampai berumah tangga.

Luka ibu, paling sering dikaitkan dengan anak perempuan. Tapi, luka tersebut bisa saja dialami anak laki-laki, yang kemudian memengaruhi hubungan mereka dengan pasangan.

Ketika ibu yang memiliki luka masa lalu ini mewariskannya kepada anak, maka kecil kemungkinan anak mendapatkan kasih sayang yang cukup. Dalam ilmu psikologi dikenal dengan Mother Wound.

Mother wound merupakan luka akibat dari kehilangan atau kurangnya kasih sayang dari ibu. Biasanya terjadi karena akumulasi hubungan antara ibu dengan anak.

Kondisi ini merupakan cerminan dari bagaimana seorang ibu melakukan pengasuhan pada anak-anaknya. Mother wound juga merupakan kondisi yang sering dikaitkan dengan elemen yang hilang di masa lalu, dalam hal ini misalnya kasih sayang.

Yang dilakukan ibu mungkin akan membawa dampak panjang pada anak saat dewasa, salah satunya anxiety atau kecemasan.

Seseorang yang mengalami mother wound sering merasa tidak lengkap dan kurang mendalam saat menjalin suatu hubungan dengan orang lain. Di sisi lain, mereka juga merasa ingin hubungan yang sempurna dan terkendali.

Mengatasi Mother Wound

Mother wound bukan kondisi medis tertentu yang bisa disembuhkan dengan minum obat. Butuh terapi yang dilakukan secara konsisten untuk mengatasinya, yaitu dengan cara:

  • Eksplor kembali inner child dan biarkan perasaan “diabaikan, tidak dicintai, tidak diinginkan, atau tidak dihargai” untuk diungkapkan dalam lingkungan yang aman.
  • Belajar untuk memvalidasi dan mencintai diri sendiri serta menciptakan gambaran emosional dan mental yang positif tentang kehidupan saat ini. Lepaskan konsep masa lalu yang dikembangkan sendiri oleh interaksi antara kita dengan orangtua.
  • Tetapkan Batasan, ciptakan hubungan dengan ibu didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan ibu untuk berubat dan berkontribusi pada kebutuhan emosional dengan cara yang sehat, positif, dan memuaskan.

Mother wound bisa dialami oleh siapa saja. Intinya, jika orangtua bisa berpikir lebih sehat, maka warisan luka masa lalu ini tidak akan sampai ke anak. Ciptakan kebahagiaan dengan pola asuh yang baik, agar Bunda bisa melupakan masa lalu dan menciptakan cinta untuk anak.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family