Raisa, Hamish Daud dan anak mereka Zalina/Net
Raisa, Hamish Daud dan anak mereka Zalina/Net
KOMENTAR

AKHIR pekan sudah tiba. Weekend seperti ini paling enak berlibur bersama keluarga. Tapi buat Bunda yang masih memiliki balita, biasanya paling anti nih liburan ke tempat-tempat yang jauh. Ribet, jadi alasan.

Memang, berlibur bersama anak itu memerlukan persiapan yang lebih matang agar buah hati tetap nyaman selama perjalanan dan orangtua bisa tetap merasa damai.

Nah, pasangan Raisa dan Hamish Daud punya tips agar perjalanan bersama anak mereka, Zalina, bisa menyenangkan. Kata kuncinya adalah berbagi tugas.

“Ya, jadi kita bagi tugas, siapa yang menyiapkan keperluan anak dan siapa yang menyiapkan keperluan orang dewasa (orangtua). Kemudian atur ekspektasi, karena bukan tidak mungkin ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana,” kata Raisa.

Kemudian, cari penginapan yang homey, yang ramah anak. Dengan begitu, anak akan mudah beradaptasi dan tidak rewel. Penginapan tersebut juga wajib memiliki peralatan masak dan dapur mini. Hal ini dimaksudkan agar si kecil bisa menyantap makanan yang fresh dan terjamin kebersihannya.

Pilihlah waktu yang benar-benar luang untuk berlibur, jangan di tengah jadwal yang padat. Karena alih-alih berlibur, kamu justru semakin terbutu-buru. Anak yang masih ingin bersenang-senang malah jadi bete karena orangtuanya diburu-buru pekerjaan.

Hindari kota wisata, karena biasanya pasti akan ramai pengunjung. Anak tidak terlalu suka keramaian, mereka akan mudah stres dan akhirnya rewel. Pilihlah lokasi yang ramah anak, yang memiliki fasilitas permainan anak. Kalau bisa, yang lokasinya tidak jauh dari restoran.

Jangan bawa tas berlebihan. Pilih barang-barang yang dirasa penting untuk dipakai sehari-hari. Hitung helai pakaian dan peralatan mandi secukupnya. Ajak anak untuk packing koper bersama.

Jangan lupa bawa camilan yang biasa dikonsumsi anak, karena biasanya mereka akan menjadi picky eater. Bawa pula medical kit yang isinya obat penurun demam, plester atau perban, obat alergi, dan obat diare. Bisa pula ditambahkan minyak kayu putih atau obat antimabok perjalanan.

Terakhir, pertimbangkan untuk membawa stroller travel agar anak merasa nyaman dan tenang. Saat ini, sudah banyak stroller (kereta bayi) yang khusus untuk travelling dan bisa dipakai ketika berlibur Bersama anak.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family