Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

ALAT masak kayu atau spatula kayu seringkali disebut sebagai alat masak paling aman. Selain tidak menghantarkan panas dari wajan atau makanan yang sedang dimasak, spatula kayu juga tidak mentransfer zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Heather Terhune, seorang executive chef di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat bahkan menobatkan alat masak kayu sebagai alat masak yang hebat.

“Alat masak kayu kuat dan kokoh. Benda tersebut bagus untuk mengaduk campuran kental dan tidak mengikis bagian bawah wajan. Apapun yang Anda masak, tidak akan merusak wajan, khususnya pada wajan antilengket (Teflon atau stainless),” ujar Terhune.

Memang, hampir semua masakan dapat ‘bekerja sama’ dengan amat masak dari kayu ini. Tapi Terhune berpendapat, peralatan kayu paling cocok dipakai untuk mengaduk sup, saus, dan bahan-bahan bertekstur padat lainnya.

Sedangkan ketika Bunda ingin membuat dessert dan bahan yang digunakan adalah putih telur atau whipped cream, ada baiknya memakai spatula silikon.

Sayangnya, spatula kayu mudah sekali berbau dan berubah warna. Perlu perawatan khusus agar membuatnya awet. Bunda bisa melakukan hal ini sebagai perawatan spatula kayu:

  • Jangan merendamnya terlalu lama, karena akan membuat makanan yang menempel menjadi busuk dan tumbuh kuman.
  • Gunakan air panas untuk mencuci dan segera keringkan. Air panas akan membunuh kuman-kuman yang menempel pada peralatan masak kayu Bunda. Segera keringkan agar bakteri tidak menumpuk.
  • Gosok dengan sabut baja untuk menghaluskan dan membersihkannya kembali.
  • Jangan masukkan ke mesin pencuci piring, karena walaupun terlihat kokoh dan kuat bahan tersebut dapat retak jika terkena panas tinggi dalam jangka waktu yang lama. Proses pengeringan mesin bisa mengancam ketahanan perkakas kayu.

Meski alat kayu memang lebih sehat, Bunda tidak boleh main-main dalam hal perawatannya. Kalau sembarangan, alat tersebut akan menjadi sarang kuman dan cepat rusak.

Karena berbahan kayu, jadi mudah lembab. Harus benar-benar mengeringkannya setelah dicuci. Itu wajib dilakukan, agar tidak ada perkembangan bakteri atau jamur.

Dan, kalau sudah ada goresan di alat masak kayu, sebaiknya segera diganti. Sebab goresan tersebut akan membentuk cekungan yang bisa menjadi sarang bakteri atau jamur.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family