Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KALAU bicara soal makanan sehat, ternyata tidak bisa lepas dari proses pengolahannya. Nah, soal pengolahannya sendiri, alat-alat yang dipakai juga tidak bisa sembarangan.

Alat masak disebut dengan spatula, yaitu sendok makan yang digunakan untuk membantu proses masak memasak di dapur agar lebih mudah dan cepat. Berdasarkan bahannya, ada dua macam spatula yaitu kayu dan silikon.

Spatula Kayu

Spatula jenis ini sangat popular di Indonesia dan sudah dipakai sejak lama. Kelebihan spatula kayu salah satunya adalah tidak termasuk konduktif atau bahan penghantar panas. Karena itu, sangat aman memasak makanan bersuhu tinggi dengan spatula kayu.

Pegangan atau gagang spatula tidak akan panas. Kemudian, sifat tahan panasnya tidak akan membuat spatula kayu melepaskan bahan kimia saat digunakan.

Spatula kayu juga tumpul, jadi aman digunakan dan tidak akan menggores permukaan panci atau wajan stainless antilengket.

Sayangnya, sendok kayu punya kekurangan, yaitu cenderung sulit dibersihkan karena dibuat dari bahan berserat. Karena terbuat dari kayu, maka mudah menyerap bau dan warna dari masakan yang dibuat.

Serat atau pori spatula kayu dapat menarik cairan dan minyak dari masakan. Bakteri tersebut bisa berdiam di dalam sendok, lalu mati. Itulah mengapa spatula kayu mudah berbau dan berubah warna.

Bau sendok kayu biasanya didapat dari aroma kuat masakan. Sementara warna bahan makanan yang kontras, seperti saus dan kunyit, akan memengaruhi warna spatula kayu itu sendiri.

Spatula Silikon

Bagaimana dengan spatula silikon? Keberadaannya beberapa tahjun terakhir sering dianggap sebagai solusi dari kelemahan spatula kayu.

Kelebihan dari spatula silikon di antaranya:

  • Mudah dibersihkan.
  • Memiliki warna yang menarik.
  • Mudah dicuci menggunakan air sabun biasa.
  • Tidak menyerap bau dan warna.

Spatula silikon juga berbentuk tumpul dan lembut, jadi ramah digunakan pada panci stainless antilengket.

Sayangnya, spatula silikon tidak bisa digunakan pada masakan panas tinggi hingga 315 derajat celsius. Itulah mengapa sendok silicon biasanya hanya digunakan untuk mencampur bahan masakan, membuat adonan kue, dan melelehkan cokelat.

Nah Bunda, sudah tahu kelebihan, kelemahan, dan keamanan spatula kayu dan silikon, bukan? Jadi, Bunda mau pakai yang mana, nih?




Memilih Alpukat yang Tepat untuk Disantap

Sebelumnya

Tak Perlu Dicuci, Ini Cara Membersihkan Daging Sebelum Dimasak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family