Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

ANAK tersedak bisa menjadi kondisi yang berbahaya apabila tidak segera ditangani. Ketika tersedak, ada suatu benda yang terangkut di trakea. Pada beberapa kasus, bend aitu bisa membuat saluran masuk dan keluar paru-paru tertutup dan menyebabkan otak kekurangan oksigen.

Bila si kecil dibiarkan tersedak selama 4 sampai 6 menit, berpotensi pada kerusakan otak. Sebab, selama waktu itu otak tidak mendapat asupan oksigen. Hal ini sangat berbahaya, karena bisa juga mematikan beberapa sel yang ada di otak.

Saat Bunda mendapati si kecil tersedak, coba berikan pertolongan pertama heimlich maneuver, yaitu Tindakan pertolongan pertama saat anak tersedak makanan yang tersangkut di tenggorokan. Teknik ini bisa Bunda terapkan pada anak lebih dari 1 tahun.

Caranya:

  1. Berdiri atau berlutut di belakang si kecil, kemudian lingkarkan kedua tangan di sekeliling tubuhnya.
  2. Buatlah kepalan tangan diposisikan sedikit di atas pusar anak.
  3. Tekan kepala dengan tangan yang lain dan lakukan gerakan hentakan ke atas dengan cepat.
  4. Hitung hentakan antara 6 sampai 10 dorongan perut, sampai sumbatan terlepas.
  5. Lakukan hal ini hingga makanan yang menyumbat pernapasan si kecil keluar atau hingga ia dapat kembali bernapas normal.
  6. Jika si kecil sampai mengalami hilang kesadaran, segera lakukan resusitasi jantung paru (CPR) sesuai standar dengan kompresi dada dan napas bantuan.
  7. Segera cari bantuan medis secepatnya.

Jika anak Bunda di bawah 1 tahun, gunakan pertolongan pertama maneuver back blows. Yaitu, tengkurapkan si kecil, topang leher dan dagunya dengan jari, dan pastikan kepalanya lebih rendah dibandingkan dadanya.

Tekan punggung si kecil tepat di antara kedua bahunya dengan telapak tangan sebanyak 5 kali, lakukan dengan cepat.

Apabila cara ini tidak ampuh, balikkan badan si kecil, buat posisi tidur telentang. Posisikan dua jari bunda tepat di tengah tulang dada dan di bawah puting. Tekan 5 kali dengan cepat.

Lakukan Gerakan menekan dari belakang dan depan, sehingga benda yang menyumbat keluar atau bayi mulai mampu bernapas normal.

Begitulah cara memberikan pertolongan pertama pada anak yang tersedak. Jika ragu, segera bawa si kecil ke dokter.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health