Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

RAMSAY Hunt Syndrome belakanga banyak dibicarakan di media sosial. Penyakit ini sempat menyerang penyanyi terkenal Justin Bieber dan Katty Perry. Bieber bahkan sampai memundurkan konser turnya dan Katty Perry tidak bisa membuka mata kanannya akibat sindrom ini.

Sindrom Ramsay Hunt adalah gangguan saraf yang ditandai dengan gejala berupa lumpuhnya saraf wajah yang diikuti dengan munculnya ruam di area telinga dan mulut.

Umumnya, Ramsay Hunt disebabkan oleh infeksi virus Varicella Zoster (VZV) yang menyebabkan penyakit cacar air dan herpes zoster (cacar api).

Mengutip laman upk.kemkes.go.id, gejala penyakit Ramsay Hunt wajib diketahui sejak dini untuk pengobatan maksimal. Berikut ini gejala yang perlu diwaspadai:

  • Ruam pada bagian dalam telinga hingga langit-langit mulut.
  • Gangguan pendengaran sebelah.
  • Vertigo.
  • Sebagian wajah lumpuh.

Jika mendapat penanganan yang cepat dan tepat, tidak akan sampai membuat kelumpuhan wajah, tuli permanen, bahkan merusak mata. Untuk itu, segera lakukan pemeriksaan agar segera bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Pengobatan Sindrom Ramsay Hunt

Sindrom Ramsay Hunt harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan diagnosisnya. Tujuannya adalah untuk meredakan gejala dan mencegah terjadinya komplikasi.

Umumnya, dokter akan memberikan beberapa obat-obatan, seperti obat antivirus (acyclovir, valacyclovir, atau famciclovir) untuk mengatasi virus varicella-zoster.

Kemudian prednison atau obat kartikosteroid untuk mengurangi peradangan pada kulit. Benzodiazepines untuk mengatasi vertigo, paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri, carbamazepine untuk nyeri yang parah.

Untuk perawatan mandiri di rumah, bisa dilakukan beberapa cara, yaitu:

  • Menjaga kebersihan area yang timbul ruam.
  • Mengompres dingin bagian ruam untuk meredakan sakit.
  • Menggunakan obat tetes mat ajika mata kering.
  • Mengenakan penutup mata ketika tidur.

Perawatan mandiri ini sebaiknya dilakukan dengan rutin dan benar untuk mengurangi gejala yang muncul.




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health