Anoyara Khatun/Net
Anoyara Khatun/Net
KOMENTAR

DARI kisah hidup, seseorang bisa menjadi sangat inspiratif. Mereka mampu menjadikan kisah-kisah hidupnya sebagai pelajaran dan pembangkit semangat bagi yang membutuhkan.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anakpun bisa sangat menginspirasi. Apalagi yang memiliki kepekaan dan peduli terhadap sesama, mempunyai kemampuan untuk menjadi inspirator bagi teman-teman sebayanya.

Berikut ini 7 anak yang sangat inspiratif dan patut untuk ditiru serta diapresiasi.

1. Easton LaChappelle

Easton dikenal sebagai pembuat prototipe tangan robot. Ia sangat terinspirasi oleh seorang perempuan cilik 7 tahun yang menggunakan tangan palsu yang harganya sangat fantastis, yaitu Rp 1,23 miliar. Dari situ ia memiliki ide untuk membuat tangan palsu yang harganya lebih terjangkau. Easton menjalankan startup menggunakan percetakan 3D. Dia juga membuat akses desain yang dapat diunduh oleh siapapun, tanpa dikenakan biaya. Prototipe yang dibuatnya dari lego dan kawat pancing pada 2011 itu berhasil mendapat juara ketiga dalam Colorado State Science Fair.

2. Jaylen Arnold

Jaylen adalah anak dengan sindrom tourette, asperger, dan OCD. Semenjak kanak-kanak, ia selalu menjadi bahan bullying teman-temannya, karena berbeda. Tapi Jaylen tetap percaya diri, ia justru mendirikan Yayasan Jaylen Challenge yang telah mendidik lebih dari 100 ribu anak untuk mengenali perilaku bullying dan memahami perbedaan satu sama lain.

3. Anoyara Khatun

Anoyara pernah menjadi korban perdagangan anak yang diselamatkan oleh Save the Children. Sekembalinya ke Benggala Barat, Anoyala mengabdikan hidupnya untuk mengakhiri eksploitasi dan perdagangan anak.

4. Jack Andraka

Jack adalah penemu sensor yang dapat mendeteksi tanda-tanda awal kanker pankreas dan bentuk kanker lainnya. Prototipenya berhasil mendapat hadiah sebesar Rp 1,15 miliar di pameran sains Intel. Jack sendiri mendapat julukan The Teen Prodigy of Pancreatic Cancer oleh Smithsonian.

5. Marley Dias

Berawal dari sulitnya menemukan karakter utama gadis berkulit hitam, Marlet melahirkan sebuah buku berjudul Marley Dias Gets It Done: And So Can You. Buku tersebut merupakan panduan untuk perubahan positif melalui aktivisme. Marley adalah aktivis muda dibalik fenomena tagar Twitter #1000BlackGirlBooks.

6. Julia Bluhm

Julia adalah remaja 14 tahun yang berhasil mempromosikan kepositifan tubuh untuk sampul majalah Seventeen. Ia menampilkan gambar perempuan-perempuan sejati dan model sehat tanpa photoshop. Julia aktif membahas isu feminis dan menjado blogger untuk TheLaLa.com juga Spark Movement.

7. Emma Gonzalez

Emma adalah aktivis remaja yang memperjuangkan diakhirinya kekerasan senjata. Aksi Emma dan teman-teman berhasil membuat Undang-Undang Keamanan Public Marjory Stoneman Douglas High School yang disahkan oleh anggota parlemen Florida pada 2018.




Miliki Lebih dari 68 Dapur Umum, World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza PascaSerangan Israel yang Membunuh 7 Pekerja

Sebelumnya

Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News