Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

PERTANYAAN mengenai penarikan obat sirup sebagai akibat dari munculnya gangguan gagal ginjal akut pada anak, masih banyak diajukan para orangtua. Sebab, tanda-tanda yang dimunculkan dari ‘keracunan’ obat tersebut begitu umum dan sulit untuk diketahui.

Belakangan ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengelurkan 7 tanda bahaya pada anak yang wajib menjadi perhatian orangtua. Tanda bahaya ini tidak hanya terkait gangguan ginjal, tapi juga gejala penyakit lainnya.

Jika ditemukan, sebaiknya segera bawa anak ke dokter.

Anak Kesulitan Bernapas

Ketika anak menjadi bernapas lebih cepat dari biasanya, cuping hidung kembang kempis, kepala terangguk-angguk saat bernapas, dan tampak cekungan pada dada saat bernapas, waspada anak sedang mengalami kesulitan bernapas.

Jika demikian, berikan pertolongan pertama dengan membaringkan anak. Kemudian, sarankan si kecil untuk melakukan posisi tripod, yaitu dengan cara duduk di tepi kursi atau tempat tidur dan bersandar ke depan, disangga dengan tangan atau siku berlutut.

Bunda juga bisa menggunakan bantuan oksigen dan segera bawa anak ke rumah sakit jika sesaknya tak juga berkurang.

Anak Menolak Menyusu atau Makan

Waspadai ketika anak menolak menyusu atau nafsu makannya berkurang. Bisa jadi ia sedang sakit, sehingga menolak semua bentuk makanan maupun minuman.

Apabila ini terjadi, Bunda bisa menyiasatinya dengan membuatkan menu kesukaannya. Boleh juga sesekali mengajaknya bermain sambal menyuapi.

Warna Kulit Tidak Normal

Saat melihat terjadi perubahan warna pada kulit anak, menjadi biru atau keabuan, terutama pada bagian bibir, ekstremitas, dan alas kuku, waspada anak sedang sakit dan perlu segera diperiksakan ke dokter.

Penurunan Kesadaran

Anak yang tampak lesu dan mengantuk di luar waktu tidur, lalu menangis lemah atau bahkan tidak menangis, gelisah serta sulit ditenangkan, bisa jadi ia sedang merasakan sakit yang luar biasa.

Demam Disertai Ruam yang Tidak Memudar

Perhatikan betul saat anak mengalami demam. Jika disertai ruam yang tidak memudar, waspada ada hal berbahaya pada tubuh anak.

Produksi Urin Berkurang atau Menurun

Tanda ini sebaiknya diperhatikan betul oleh orangtua, karena menjadi gejala utama adanya gangguan pada ginjal.

Jadi Bunda, waspadai setiap perubahan yang terjadi pada anak. Jangan sampai lalai dan menganggapnya sebagai hal yang wajar, ya.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health