Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

IKATAN Dokter Anak Indonesia (IDAI) meminta orangtua untuk menghentikan sementara penggunaan paracetamol cair. Hal ini erat kaitannya dengan gangguan ginjal akut yang menimpa ratusan anak Indonesia.

Ketua Umum PP IDAI Dr Piprim Basarah Yunarso, SpA(K) mengungkapkan, pihaknya telah memutuskan untuk menghentikan sementara penggunaan paracetamol berbentuk cair sampai waktu yang belum ditentukan.

Ini sambal menunggu hasil penelitian terkait penyebab terjadinya gangguan ginjal akut pada anak, oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Belajar dari kasus Gambia, itu ada karena etilen glikol. Untuk kewaspadaan dini, kemarin rapat dengan Pak Menkes, kita harapkan kita hindari dulu penggunaan paracetamol sirup, sambil dicari buktinya di Indonesia. Dan ada atu tidak (obat) seperti itu. Kewaspadaan dini dimulai,” kata Dr Piprim dalam sesi diskusi di Instagram live bersama IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Selasa (18/10).

Mengingat penyebab gangguan ginjal akut misterius pada anak masih terus di dalami, ia berpesan agar si kecil menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti yang dilakukan selama pandemi Covid-19.

Termasuk juga mengurangi anak tidur terlalu malam, lebih banyak beraktifitas fisik, dan hindari pemberian obat paracetamol cair.

“Setiap pada kasus yang belum jelas, PHBS perlu diterapkan sambal mengurangi konsumsi obat yang tidak perlu. Coba kembalikan ke upaya-upaya yang lebih safe,” saran Dr Piprim.

“Kalau belajar di luar negeri, ada potensi obat toksik, jangan dikonsumsi dulu. Kalau deman itu upaya tubuh menghilangkan virusnya. Bisa diredakan dengan kompres air hangat, cukup tidur, dan memakai baju yang tidak terlalu tebal. Minta pula anak untuk banyak minum, agar terus terhidrasi. Budayakan ini ke masyarakat kita,” demikian ia.

Menurunkan Demam Secara Alami

Ada banyak cara yang bisa dilakukan Bunda untuk menurunkan demam si kecil, yaitu:

  • Minum banyak air agar tubuh anak tetap terhidrasi. Tidak hanya air putih, Bunda juga bisa memberikan ASI atau jus pada anak.
  • Kompres dingin dengan menggunakan bantuan handuk.
  • Ajak anak mandi atau seka dengan air hangat.
  • Gunakan pakaian tipis.
  • Dan, cukup istirahat.

Jika demam si kecil tak kunjung reda, segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan khusus.




IISD Desak Presiden Jokowi Sahkan RPP Kesehatan: Optimalisasi Kesehatan Anak Menuju Visi Indonesia Emas 2045

Sebelumnya

Israel Akan Datang ke Qatar untuk Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata dan Pertukaran Sandera

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News