KOMENTAR

NYAMUK merupakan serangga kecil yang kehadirannya cukup mengganggu manusia. Tidak hanya menimbulkan reaksi alergi seperti gatal dan bentol, nyamuk juga dapat menjadi perantara berbagai macam penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Berbagai cara dilakukan untuk mengusir nyamuk, di antaranya dengan menggunakan berbagai macam tanaman berikut ini.

Lavender

Tanaman ini merupakan yang dapat digunakan untuk insektisida alami. Kandungan zat kairomon yang terdapat di dalam lavender menimbulkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini cukup kuat dan tahan kekeringan serta hanya membutuhkan kekeringan sinar matahari dan drainase yang baik. Tanaman ini dapat bertahan di daerah beriklim hangat.

Marigold

Marigold mengeluarkan aroma dan bau yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini dapat ditanam di dalam pot dan diletakkan di dekat teras atau pintu masuk rumah. Tidak hanya dapat mengusir nyamuk, marigold juga dapat mencegah kutu daun, kumbang, dan lalat.

Bee Balm

Dikenal dengan nama Monarda atau Horsemint, tanaman ini juga dapat mencegah serangga. Tanaman ini dapat diletakkan di halaman. Selain berwarna cantik, bunga dari tanaman ini ini juga dapat menarik perhatian kupu-kupu. Cara memanfaatkan tanaman ini untuk mengusir nyamuk adalah dengan menghancurkannya agar aromanya dalam muncul.

Ageratum

Bunga pada tanaman ini mengandung zat Kumarin, bahan kimia yang dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini dapat diletakkan di pot. Namun penggunaannya harus hati-hati karena Kumarin pada bunga Ageratum tidak hanya beracun bagi nyamuk atau serangga, tetapi juga berbahaya bagi manusia apabila tertelan.

Serai

Tanaman yang biasa dijadikan salah satu bumbu masak ini memiliki kandungan Citronella, yang memiliki bau khas dengan efek menenangkan dan mengusir nyamuk. Untuk mendapatkan khasiat serai sebagai pengusir nyamuk, cukup dengan memotong-motong dan meletakkannya ke dalam wadah terbuka hingga aromanya yang tidak disukai oleh nyamuk dapat menyebar ke seluruh ruangan.

Selain itu kita dapat menanam serai ke dalam pot dan meletakkannya di teras atau di sudut rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Geranium

Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna cerah dengan daun yang memiliki beberapa aroma yang khas, seperti lemon, jeruk, peppermint, cokelat ,dan jeruk. Untuk mengusir nyamuk, kita cukup meletakkan Geranium ke dalam pot untuk menghiasi interior ruangan.

Lantana 

Tanaman yang memiliki warna terang seperti oranye ini memiliki zat yang dapat menurunkan populasi nyamuk.

Dikutip dari Journal of Mosquito Research bertajuk “Efficacy of leaves and flowers ethanol extracts of the invasive species Lantana camara Linn as a Mosquito larvicidal” , Lantana Camara memiliki zat aktif yang berguna dalam pengendalian insektisida. Selain alami dan tidak membahayakan lingkungan, penggunaannya juga relatif lebih hemat biaya dibandingkan dengan insektisida sintetis.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon