Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DALAM bekerja atau belajar, tidak hanya kesehatan fisik saja yang kita butuhkan. Kesehatan mental pun juga penting untuk mendukung produktivitas.

Pada dunia kerja maupun dunia perkuliahan/sekolah, Senin menjadi hari yang kurang disukai. Bahkan beberapa orang merasa cemas menjelang Senin. Nah, kondisi ini kita kenal dengan Monday Blues.

Monday blues adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan negative, seperti bosan dan tidak bersemangat, yang dirasakan di awal minggu. Kembali ke rutinitas kerja atau sekolah terkadang menimbulkan perasaan down.

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dr Kristiane Siahaan, SpKJ mengatakan, ada beberapa penyebab terjadinya monday blues syndrome.

Salah satunya adalah ketidakpuasan atau tekanan yang berat di tempat kerja atau sekolah. Kondisi ini bukan suatu penyakit klinis, namun bila dibiarkan berlarut-larut dapat memengaruhi kualitas hidup dan produktivitas.

“Monday blues berbeda dengan depresi, kondisi ini terjadi spesifik di waktu tertentu, yaitu di awal minggu. Sedangkan depresi adalah suatu kondisi penurunan mood yang berlangsung secara terus menerus, sepanjang hari dalam jangka waktu tertentu disertai dengan hilangnya minat pada aktivitas yang menyenangkan,” jelas Kristiane.

Perasaan tidak nyaman pada Senin ini akan perlahan membaik menjelang akhir pekan. Lalu perasaan kembali menurun di awal minggu, Senin berikutnya.

Nah, biar kamu lebih siap menghadapi Senin dan terbebas dari monday blues, coba ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Buatlah manajemen waktu yang baik. Susun jadwal pekerjaan untuk mencegah menumpuknya tugas yang menimbulkan kecemasan di akhir minggu.
  • Identifikasi munculnya emosi negatif. Caranya, tuliskan kecemasanmu dalam sebuah jurnal/diary untuk mempermudah mencari solusinya.
  • Maksimalkan hari libur. Gunakan hari libur untuk beristirahat atau jalan-jalan, atau aktivitas yang bikin kamu merasa sangat senang dan terhibur. Hindari mengurus pengerjaan yang sifatnya tidak darurat.
  • Lakukan pola hidup sehat. Rutin berolahraga nyatanya dapat mengurangi stres, termasuk monday blues. Konsumsi pula makanan bergizi seimbang untuk mendukung kesehatan mental yang baik.
  • Tidur lebih awal. Besok Senin, ada baiknya malam ini kamu tidur lebih awal. Memiliki pola tidur yang berkualitas merupakan faktor penting untuk menjaga suasana perasaan lebih baik.
  • Mulailah dengan bersyukur. Luangkan waktu untuk mengenali dan menghargai hal-hal yang kamu sukai dari pekerjaan.

Bagaimana Sahabat Farah? Apa kamu sudah siap untuk memulai esok dengan lebih bersemangat?




Mendinginkan Tubuh Pasien Jadi Salah Satu Langkah Awal Mengatasi Korban Heatstroke

Sebelumnya

Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health