Seringkali terlihat anak bermain di lokasi banjir seperti ini. Padahal, kondisi ini sangat berbahaya untuk kesehatan dan keselamatan mereka/Net
Seringkali terlihat anak bermain di lokasi banjir seperti ini. Padahal, kondisi ini sangat berbahaya untuk kesehatan dan keselamatan mereka/Net
KOMENTAR

BANJIR sudah terjadi di mana-mana. Berbagai bahaya mengancam, mulai dari masalah kesehatan hingga keamanan yang mengancam jiwa.

Setiap kali banjir datang, tidak jarang ada berita menayangkan anak yang hanyut terbawa arus banjir saat sedang bermain. Atau, anak menderita penyakit kulit hingga leptospirosis usai bermain dalam kubangan bekas air hujan.

Memang bukan hal yang mudah saat banjir datang. Perhatian orangtua pasti akan terbagi, antara menyelamatkan keluarga, diri, dan juga harta benda.

Namun ada baiknya jika orangtua mengetahui beberapa cara untuk menjaga anak saat banjir menerjang.

  • Jelaskan tentang banjir

Hal yang pertama perlu dilakukan orangtua adalah menjelaskan tentang kondisi banjir. Misalnya, apa yang akan terjadi saat banjir datang, penyakit apa saja yang mungkin menjangkiti ketika banjir, apa yang harus dilakukan ketika banjir terjadi, dan lain sebagainya.

Berikan penjelasan sesering mungkin, utamanya bagi anak usia 5, karena mereka sangat tertarik dengan air.

  • Jangan biarkan anak bermain banjir

Meskipun sulit, larang anak untuk bermain banji atau berada di area banjir dan sekitarnya, apalagi berenang-renang tanpa pengawasan. Beri tahu mengenai risiko arus banjir, karena berbahaya.

Misalnya, ada lubang yang tersembunyi yang bisa membuatnya terperosok, aliran yang menghanyutkan, atau sengatan arus listrik dari kabel yang terbuka.

Beritahu juga, kalau air banjir mengandung banyak bakteri dan kuman, bahkan kencing hewan (seperti tikus) yang menimbulkan penyakit.

  • Pantau keberadaan anak setiap saat

Perbanyak waktu untuk memantau keberadaan anak setiap saat. Jangan lepas dari pengawasan dan jangkauan untuk mengantisipasi bahaya yang terjadi.

Jika terpaksa meninggalkannya, seperti harus ke kamar mandi, titipkan anak pada orang lain untuk menjaganya.

  • Berikan contoh yang baik

Misalnya, bagaimana cara menghindari dan mengantisipasi banjir. Minta anak untuk melihat teman-temannya yang tidak bermain banjir.

  • Saat terjebak banjir

Saat terjebak banjir, bawa anak ke tempat yang tinggi dan berpegangan pada benda yang kuat. Tenangkan mereka dan pastikan untuk tidak panik.

Cari pertolongan dan tunggu hingga tim evakuasi datang.

Orangtua, penting untuk selalu mengingatkan anak akan bahaya banjir. Memang terlihat menyenangkan berada di area banjir, tapi ada banyak masalah kesehatan dan keselamatan di balik itu semua.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family