post image
KOMENTAR

BELAJAR bersosialisasi merupakan hal yang sangat penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Dengan hal tersebut, anak akan menjadi lebih mudah untuk membantu mengembangkan karakter dan kepribadian anak. Hal tersebut akan bermanfaat bagi kehidupan sosial anak kelak.

Namun, tidak semua anak dapat bersosialisasi dan beradaptasi dengan baik terhadap lingkungannya. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat mereka tidak dapat bergaul dengan mudah, di antaranya adalah karakter pendiam, pemalu, mudah marah atau dominan dalam mengatur atau menguasai teman-temannya.

Lalu bagaimana cara orangtua mengajarkan anak agar dapat bersosialisasi dengan baik?

Ajak anak membantu pekerjaan rumah

Ajarkan anak untuk membantu pekerjaan rumah. Sesuaikan pekerjaan yang harus mereka lakukan dengan usianya. Misalnya mengelap meja untuk anak usia balita. Meskipun belum bersih sempurna, namun anak akan belajar mengenai kepedulian dan rasa tanggungjawab terhadap sekitarnya.

Menjadi contoh yang baik

Anak merupakan peniru perilaku orangtuanya. Untuk mendapatkan seorang anak yang berkarakter sopan, jujur, sportif dan peka terhadap lingkungan, maka kita harus terlebih dahulu bersikap demikian. Dengan melihat perilaku yang dilakukan oleh orangtuanya terhadap orang lain akan membuat anak mengerti bagaimana harus bersosialiasi dengan lingkungannya.

Bersikap Terbuka

Buat suasana hubungan antara orangtua dan anak hangat. Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak dan biarkan mereka bercerita mengenai aktivitasnya sehari-hari, keluhan serta keinginan anak. Hal tersebut akan membuat anak dapat bersikap terbuka dan dapat berkomunikasi dengan baik.

Dorong anak beraktifitas dalam kelompok

Berikan kesempatan pada anak untuk bergabung ke dalam kegiatan bersama di sekolah atau di kelompok tertentu, seperti Pramuka, olahraga atau kelas memasak anak (Kids Cooking Class). Selain dapat membantu mengidentifikasi bakat dan minat anak sejak dini, hal tersebut akan dapat menumbuhkan kepercayaan diri mereka.

Anak akan merasa memperoleh ruang berekspresi dan bereksplorasi. Kegiatan bersama teman-temannya juga dapat membantu dirinya untuk beradaptasi dan bersosialisasi dengan teman-teman sebaya serta lingkungannya.

 




Anak Juga Perlu Egois Sebelum Belajar Berbagi, Kenapa Begitu?

Sebelumnya

Krisis Mental Saat Remaja Alami Perubahan Hormonal, Harus Bagaimana?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting