Anak perempuan dan idolanya/ Vecteezy
Anak perempuan dan idolanya/ Vecteezy
KOMENTAR

ANAK perempuan biasanya dekat dengan ayahnya. Namun demikian, ibu tetaplah sosok yang berperan sangat penting dalam tumbuh kembang anak perempuan. Anak perempuan akan mencari ibunya karena kedekatan gender. Ia akan meminta saran ibunya berbagai kebutuhan perempuan.

Berikut ini adalah hal-hal yang dibutuhkan dari anak perempuan terhadap ibunya.

Membutuhkan seseorang yang menumbuhkan kepercayaan diri bahwa ia berharga

Anak perempuan harus paham bahwa dirinya berharga. Untuk itu ia membutuhkan ibunya sebagai orang pertama yang membuatnya merasa berharga. Dengan kasih sayang, tutur bicara yang santun dan perlakuan yang baik , anak perempuan akan merasa bahwa dirinya berharga.

Meyakinkan dirinya bahwa ia cantik

Anak perempuan memerlukan seseorang yang membuatnya yakin bahwa ia cantik. Ia akan meniru ibunya dalam merawat diri dan kecantikan. Sehingga penting sekali bagi kita mengajarkan cara merawat diri, kebersihan, dan kecantikan agar ia terbiasa melakukannya hingga ia dewasa.

Membutuhkan orang yang bisa dipercaya

Anak perempuan membutuhkan orang yang dapat ia percaya. Ia memerlukan orang yang selalu mendengarkan dan ada di pihaknya. Sebagai ibu, kita harus memberinya rasa aman dan percaya bahwa kita selalu ada di dekatnya. Kita bisa mengatakan padanya bahwa jika memerlukan sesuatu ia dapat mencari kita, meskipun di sekelilingnya tidak ada yang mendukungnya.

Mengajarkan aneka keterampilan rumah tangga

Ibu merupakan sosok pendidik pertama dalam keluarga. Karena itu anak perempuan membutuhkan ibu untuk mengajarinya life skill terkait urusan rumah tangga. Umumnya seorang anak perempuan akan belajar banyak keterampilan seperti belajar memasak, menjahit, membersihkan rumah, hingga berbelanja keperluan rumah tangga.

Menjelaskan mengenai perubahan tubuhnya

Saat memasuki usia pubertas, anak perempuan akan merasa kebingungan dengan perubahan fisik maupun emosi yang terjadi dalam dirinya. Ia membutuhkan seseorang yang dapat menjelaskan hal tersebut. Ibu berperan sangat penting untuk menjelaskan fase kehidupan pada anak perempuannya agar anak memiliki panduan dalam menjalani kodrat sebagai perempuan.

Yuk, siapkan versi terbaik diri kita untuk menjadi ibu yang bisa diteladani sekaligus menjadi sahabat anak perempuan kita.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting