KOMENTAR

TAMPIL memukau saja saat ini tidak cukup. Harus ada perubahan tampilan agar wanita tampil lebih percaya diri dengan menunjukkan kekuatannya (power).

Adalah gaya berpakaian power dressing, yang belakangan booming lantaran menunjukkan kekuatan dari si pemakainya.

Mengutip Forbes, power dressing adalah konsep berpakaian yang memancarkan kepercayaan diri dan memungkinkan seseorang mencapai posisi yang diinginkan dengan mengekspresikannya melalui pakaian yang dikenakan.

Jadi, selain membangkitkan rasa percaya diri, power dressing juga membuat tampilan si pemakainya meyakinkan orang yang melihat, sehingga tujuan yang ingin dicapai bisa terwujud hanya dari caranya berpakaian.

Salah satu yang menerapkan konsep berpakaian ini adalah Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss.

Truss terus tampil percaya diri dengan fesyen yang stylish selama sepak terjang kariernya di sejumlah posisi pemerintahan, yang didominasi oleh laki-laki.

Lalu, bagaimana menerapkan power dressing tersebut?

Pada awalnya, power dressing pada perempuan dirancang untuk lebih menekankan pakaian yang menyerupai pakaian kerja laki-laki. Misalnya, penggunaan bantalan bahu untuk meningkatkan tampilan siluet yang lebih tegas, layaknya laki-laki.

Berikut ini ciri khas Liz Truss dalam menerapkan power dressing:

  • Pilih outfit seperti setelan blazer formal. Bisa berupa blazer model double-breasted dengan siluet memanjang. Kemudian, padukan dengan sepasang sepatu hak tinggi, yang memberi kesan kekuatan pada perempuan.
  • Gunakan setelan formal, baju jahitan yang khusus dibuat, blazer warna-warni, kulot tartan, hingga aksen detil yang besar, untuk membentuk keberanian diri.
  • Truss juga pernah mengenakan gaun ungu tua yang tampak kuat dengan fitur yang memperlihatkan bentuk tubuhnya dan mampu mempresentasikan aura pemimpinnya.
  • Salah satu outfit favoritnya adalah dua potong (two piece) blazer dan celana panjang merah muda cerah dengan kemeja yang serasi.

Power dressing memang tidak melulu menggunakan setelan blazer dengan aksen yang kuat. Pakaian feminin bisa dijadikan power dressing dengan warna dan desain yang berani.




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Mouna by Falasifa, Modest Wear Sporty-Casual yang Lahir dari Kedalaman Spiritual

Berikutnya

KOMENTAR ANDA