post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SETIAP wanita pasti senang ber-make up. Selain membuat wajah terlihat cantik, juga meningkatkan kepercayaan diri. Peralatan make up menjadi barang wajib yang ada di tas.

Tapi, apa jadinya jika salah mengaplikasikan make up? Bukan cantik, wajah kamu bisa jadi gudangnya minyak. Make up jadi blepotan dan tidak menempel sempurna.

Yuk kita cek, kesalahan pengaplikasian make up seperti apa yang membuat kulit wajah menjadi berminyak.

Terlalu Banyak Memakai Produk Make up yang Berbeda

Ber-make up memang tidak sesimpel yang dibayangkan. Ada step-step yang harus dilakukan, seperti penggunaan primer, counceler, foundation, bedak, blush on, dan masih banyak lagi.

Tapi tahu, tidak? Penggunaan terlalu banyak jenis produk make up bisa berdampak negatif bagi kulit wajah.

Mengutip Cosmopolitan USA,  seorang pakar kosmetik dan kimiawan Mary Schook menjelaskan, penggunaan banyak jenis produk make up yang berbeda dapat mengubah kondisi pH pada kulit. Perubahan itu akhirnya menurunkan sistem kekebalan pada kulit, yang diakibatkan oleh exposure bahan aktif dan kimia.

Akibatnya, terjadi gangguan dan kerusakan kulit, salah satunya minyak berlebih.

Pemakaian yang Berlebihan

Agar menempel sempurna, pemakaian make up tidak perlu terlalu banyak. Sesuaikan saja dengan yang dibutuhkan, terlebih untuk kulit berminyak. Sebab, make up berlebih mamcu produksi minyak pada kulit itu sendiri, sekalipun memakai yang bebas minyak (oil free).

Jangan Lewatkan Primer

Primer menjadi Langkah awal make up yang tidak boleh dilewatkan. Stephen Dimmick, MUA selebriti ternama menjelaskan, primer berfungsi mempersiapkan kondisi kulit tetap terjaga saat proses make up selanjutnya.

Dengan begitu, kandungan bahan aktif pada produk kosmetik tidak akan merusak kondisi kulit.

Salah Memakai Foundation

Foundation berfungsi mengunci penampilan wajah agat tampil mengesankan. Tapi, jangan sampai salah pilih, karena justru akan membuat minyak di kulit wajahmu berlimpah.

Sebaiknya, gunakan matte foundation buat kamu yang memiliki kulit kering dan powder foundation untuk si pemilik kulit berminyak.

Menghapus Make up Hanya 1 Langkah

Menghapus make up juga merupakan bagian dari ber-make up. Karena itu, jangan lakukan satu langkah saja. Ada baiknya kamu melakukan double cleansing, supaya bahan aktif pada make up benar-benar hilang dan wajah tidak menimbun minyak.

Nah, coba mulai sekarang kamu terapkan cara bermake up seperti ini untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Juga, agar hasil riasan tampak sempurna dan tahan lama.




Mengenal Teknik Heatless Curls yang Sedang Hits di Media Sosial

Sebelumnya

IN2MOTIONFEST 2022: Local Product, Global Look

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Fashion