post image
Pijatan pada pusar yang menonjol, yang mengindikasikan hernia/Net
KOMENTAR

HERNIA atau turun berok adalah kondisi yang ditandai dengan mencuatnya orga di dalam rongga tubuh melalui dinding tubuh yang melemah. Akibatnya, muncul benjolan yang sangat mengganggu.

Hernia akan ditandai dengan gejala berupa benjolan yang keluar masuk. Awalnya, benjolan akan masuk sendiri, tapi lama kelamaan jika tidak ditangani, akan terjadi progresivitas sehingga tidak dapat masuk dengan sendirinya, namun masih bisa dimasukkan secara aktif.

Pijat Hernia

Kebanyakan masyarakat menganggap turun berok dapat diatasi dengan cara dipijat atau urut. Tapi dokter menyarankan agar tindakan itu tidak dilakukan. Mengurut hernia justru memicu peradangan, tang berakibat pada hernia yang semakin membengkak.

Tidak hanya itu, organ yang jebol juga dapat terpelintir dan semakin banyak organ yang keluar melalui lubang hernia. Benjolan yang tadinya hanya di satu titik, akan menyebar ke berbagai bagian tubuh lainnya.

Akibat lainnya, organ yang rusak tadi akan kebol dan terjepit di lubang hernia, sehingga menyebabkan strangulasi. Yaitu, kondisi di mana organ yang jebol mengalami kekurangan pasokan darah, yang ditandai dengan nyeri hebat.

Ujung-ujungnya, operasi harus dilakukan, karena tidak jarang organ yang jebol akan mengalami kematian jaringan, sehingga tidak dapat diselamatkan lagi dan harus dibuang.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Banyak sekali risiko urut hernia bagi kesehatan tubuh penderitanya. Jadi, yang sebaiknya dilakukan adalah:

  • Mengubah pola hidup

Lakukan pola hidup sehat, seperti rajin berolahraga untuk menghindari obesitas, konsumsi makanan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan beberapa jenis kacang-kacangan.

Hentikan pula kebiasaan merokok yang bisa memicu batuk kronis. Dalam hal ini, batuk kronis dapat menyebabkan munculnya hernia, karena saat batuk terjadi tekanan ekstra pada perut.

  • Obat

Jika didapati benjolan di selangkangan atau di atas paha, dengan gejala yang mengarah pada hernia, segera hubungi dokter. Biasanya, jika tingkat penyakit belum parah, dokter akan memberikan obat-obatan.

Obat-obatan yang biasanya diberikan adalah antasida, penghambat reseptor H2, dan penghambat pompa proton.

  • Operasi

Dalam kasus yang lebih parah, dokter biasanya menyarankan untuk melakukan operasi. Tujuannya, mengembalikan bagian tubuh yang menonjol ke tempat semula.

Jadi, urut atau pijat bukanlah pilihan yang baik untuk penderita hernia. Segera konsultasikan dengan dokter apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasinya. Apakah cukup dengan obat-obatan, ataukah harus menjalani operasi.

Yang terpenting, mencegah lebih baik daripada mengobati. Lakukan pola hidup sehat, seperti berhenti merokok, konsumsi makanan kaya serat, dan olahraga untuk menghindari obesitas.




Apa Benar Makanan Kekinian Jadi Penyebab Utama Kanker Payudara pada Remaja?

Sebelumnya

Tidak Hanya Kanker Payudara, 8 Jenis Kanker Ini Bisa Serang Usia 20

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health