Ilustrasi pemakaian skin care/Net
Ilustrasi pemakaian skin care/Net
KOMENTAR

TREN kecantikan selalu memiliki inovasi-inovasi baru. Yang terbaru dan sedang menjadi trending topik di TikTok dan Instagram adalah moisture sandwich. Video unggahannya sudah ditonton lebih dari 48 ribu pengguna.

Apa sih moisture sandwich?

Charlotte Palermino, CEO Dieux Skin menjelaskan, moisture sandwich adalah teknik kecantikan menggunakan pelembap yang berlapis-lapis, layaknya sandwich.

Tujuan pengaplikasiannya adalah untuk mempertahankan kelembapan kulit lebih lama. Hanya saja, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu jangan mengaplikasikan moisture sandwich ketika memakai retinol. Sebab, penggunaan retinol bisa memberikan dampak yang tidak baik untuk kulit.

Menerapkan teknik ini bisa meningkatkan kelembapan kulit wajah. Dan mengutip Health Shots, moisture sandwich bisa mengurangi air transepidernal atau transepidernal water loss (TEWL), yaitu air yang keluar dari tubuh melalui epidermis.

Hasilnya, selain lembab kulit wajah terlihat halus dan bercahaya. Jadi, teknik ini cocok untuk pemilik kulit tering.

Bagaimana cara menerapkannya?

Penerapan moisture sandwich pada kulit wajah cukup mudah. Pertama, basuh wajah dengan air mengalir atau bisa juga disemprot dengan face mist. Kedua, lakukan urutan skin care, seperti toner, essence, dan serum.

Lanjutkan dengan mengoleskan pelembap yang bertekstur ringan pada wajah. Timpa dengan pelembap yang bertekstur lebih cair. Dan terakhir, aplikasikan pelembap yang bertekstur lebih berat.

Tips untuk kamu yang punya kulit kering, tambahkan face oil setelah melawapisi wajah dengan pelembap. Untuk yang berjerawat, hati-hati saat mengaplikasikan pelembap di sekitar area jerawat. Karena, salah-salah kondisi jerawat akan memburuk.

Bagaimana moisture sandwich untuk bibir?

Moisture sandwich ternyata juga bisa dipakai di bibir. Fungsinya pun sama, yaitu untuk mempertahankan hidrasi dan kelembapan bibir. Teknik penerapannya sebagai berikut:

  • Basahi bibir dengan air.
  • Oleskan pelembab wajah ke area bibir.
  • Setelah meresap, oleskan lip balm untuk mencuci kelembapan.

Amankan moisture sandwich?

Dijelaskan dr Yessica Tania, atau akrab disapa dr Zie, edukator kesehatan kulit wajah dan tubuh, penggunaan skin care berlapis bagi perempuan Indonesia, harus disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit wajah.

Misalnya untuk kulit kering, lebih membutuhkan essence dan serum untuk menghidrasi kulit. Kalau malam, bisa menggunakan sleeping mask.

Beda lagi untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, disarankan untuk memakai skin care seminimal mungkin. Misalnya, hanya sabun wajah, serum, atau pelembab. Karena semakin sedikit akan lebih baik untuk kulit wajah berjerawat.




5 Gaya Modis dengan Paduan Rompi

Sebelumnya

Fashion Trend ala NewJeans, Populerkan Kembali Wide Pants dan Jeans

Berikutnya

KOMENTAR ANDA