Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

OLAHRAGA menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat sekarang ini. Sebab, olahraga bisa meningkatkan imunitas, yang sangat dibutuhkan di masa pandemi.

Bagi masyarakat ibukota, yang sibuk dengan aktifitas kerja, sulit rasanya memenuhi jam olahraga ideal. Akhirnya, olahraga malam jadi pilihan.

Tapi, tak bisa asal berolahraga karena olahraga malam tidak sama dengan olahraga pagi hari. Badan yang sudah letih seharian bekerja, dipaksa kembali untuk berolahraga.

Salah-salah memilih olahraga, bukan sehat dan imunitas terjaga, justru bisa membahayakan jiwa. Tidak sedikit olahraga malam yang kemudian merenggut jiwa.

Nah, kira-kira olahraga malam apa saja yang aman untuk dilakukan?

  • Yoga

Gerakan yoga bisa membantu melepaskan lelah dan membuat tubuh serta pikiran rileks. Tak hanya itu, yoga juga membantu melancarkan peredaran darah dan mengatur pernapasan. Lakukan pose yoga yang mudah, seperti child’s pose atau forward fold. Berlatihlah di atas Kasur.

  • Jalan santai

Berjalan kaki selama 30 menit di malam hari, bisa jadi pilihan olahraga yang aman. Selain membantu menurunkan berat badan, jalan santai di malam hari juga mampu melawan stres dan depresi, juga sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum pergi tidur.

  • Fitnes

Fitnes, latihan angkat beban, atau latihan kekuatan di gym, bisa jadi pilihan olahraga yang aman. Hanya saja, lakukan dengan intensitas yang ringan.

  • Tai Chi

Tai chi adalah gabungan seni dan olahraga kebugaran untuk melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Gerakannya menyerupai aliran air yang tenang. Manfaat tai chi antara lain memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak, dan tubuh menjadi lebih rileks.

  • Latihan Pernapasan

Jika sudah merasa sangat lelah, latihan pernapasan bisa jadi pilihan olahraga malam. Lakukan sambal berbaring di tempat tidur atau duduk tegak dengan kondisi tulang punggung lurus. Caranya, tarik napas dalam, lambat, dan buang secara perlahan.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat olahraga malam adalah lakukan 3 sampai 4 jam sebelum tidur, turunkan durasi dan intensitasnya, dan lakukan pemanasan serta pendinginan.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health