Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SETIAP orang pasti menginginkan hidup yang bahagia. Ragam cara dilakukan agar untuk menemukan kebahagiaan tersebut. Namun ternyata hidup yang bahagia belum tentu merupakan hidup yang berarti.

Hidup yang bahagia hanya dapat dirasakan secara personal, ketika kebutuhan seseorang terpenuhi, sedangkan hidup yang berarti adalah hidup yang bermanfaat dan menjadi kebaikan bagi orang banyak. Segala hal yang dilakukannya merupakan manifestasi rasa syukur terhadap Allah Subhanahuwata’ala atas segala hal karunia-Nya.

Seseorang akan telah menemukan arti hidup akan dapat menerima diri apa adanya dengan menggabungkan pengalaman masa lalu, sekarang dan masa depan. Secara psikologis, seseorang yang telah menemukan arti hidup akan menyadari dan merasa puas bahwa keberadaannya di dunia adalah sebagai khalifah atau wakil Allah untuk menjalankan satu misi kebaikan bagi kemaslahatan masyarakat.

Lalu adakah cara untuk membuat hidup yang sudah bahagia menjadi lebih berarti? Mari kita bahas.

Menyebarkan kebaikan yang sederhana

Kebaikan dan kebahagiaan akan lebih memiliki makna, jika kita membaginya dengan orang lain. Kita bisa memulainya dengan hal-hal yang sederhana seperti berbagi senyum, inspirasi, pengalaman hidup dan hal-hal lainnya yang kita miliki yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Seperti dalam Al Quran surat Al-‘Asr ayat 1-3 .

“Demi masa. Sesungguhnya, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”(QS Al-‘Asr :1-3)

Mulai membuat perubahan kecil

Seringkali perubahan yang kecil jika dilakukan secara konsisten akan menjadi perubahan yang besar. Jadi jangan ragu untuk mulai berubah dari hal-hal yang kecil dan simpel yang berdampak baik demi masa depan, seperti memisahkan sampah berdasarkan kategorinya, memulai gaya hidup sehat dengan memakan lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan atau mendecluterring serta mendonasikan barang yang sudah tidak terpakai. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, hal tersebut juga dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Sehingga perubahan-perubahan kecil yang kita lakukan dapat membawa perubahan perilaku bagi lingkungan sekitar.

Menghargai sesuatu yang dimiliki

Pepatah mengatakan ‘you never know what you’ve until its gone’. Terkadang kita tidak menyadari apa yang sudah kita miliki sampai kita kehilangan hal tersebut. Seringkali kebahagiaan kita terusik karena berusaha mengejar sesuatu yang belum kita miliki dan terlupa bahwa sesuatu yang ada di dekat kita amat berharga. Untuk itu penting sekali buat kita merenungi sesuatu yang ada yang merupakan anugerah dari Allah Subhanahuwata’ala, agar kita bisa menghargainya.

Demikian 3 hal yang dapat membuat hidup kita menjadi lebih berarti. Semoga kita bisa terus melangkah ke arah yang baik agar hidup kita menjadi lebih berarti.

 




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur