KOMENTAR

GAYA hidup minimalis menjadi tren belakangan ini. Gaya hidup ini memiliki banyak keuntungan antara lain lebih sehat secara finansial, hemat waktu dan energi untuk membereskan barang-barang tersebut serta terhindar dari stress karena mengurangi rasa ingin memiliki yang merupakan nafsu yang tak berkesudahan.

Ada beberapa tipe minimalis berdasarkan perhatian terbesar yang diaplikasikannya, antara lain :

Eco Minimalis

Tipe ini memiliki perhatian besar terhadap kelestarian lingkungan dengan berusaha menjalani hidup minim sampah (less waste living). Salah satu tujuannya adalah mengurangi sampah.

Extreme Minimalis

Minimalis tipe ini berusaha hidup hanya dengan sedikit barang yang benar-benar dibutuhkan. Umumnya mereka hanya memiliki beberapa potong pakaian dan sepatu. Mereka juga tak segan tidur di kasur lipat tanpa dipan dan barang yang dimiliki sangat sedikit.

Frugal Minimalis

Gaya hidup dengan minimalis tipe ini memfokuskan pada pengaturan keuangan. Mereka berusaha menjalani hidup sederhana dan hemat. Mereka sangat cermat mengelola keuangan agar tercapai tujuan finansial tertentu.

Digital Minimalis

Praktek minimalis yang dilakukan tipe ini adalah mengurangi distraksi dari dunia digital. Mereka selalu menetapkan tujuan yang jelas dan memiliki batas waktu untuk setiap aktivitas digital yang dilakukan. Selain itu aplikasi pada gawai yang mereka pakai pun sangat terbatas, hanya berfokus pada fungsi-fungsi yang penting saja. Mereka juga sering merapikan chat, menghapus file-file yang sudah tidak digunakan dan menyalakan notifikasi hanya pada hal-hal tertentu.

Adventurous Minimalis

Minimalis dengan gaya ini hanya hidup dengan sedikit barang yang sangat fungsional sehingga mudah dibawa. Umumnya mereka sangat menyukai travelling dan petualangan sehingga tidak menyukai kerepotan memiliki banyak barang.

Mindful Minimalis

Tipe ini memiliki perhatian besar terhadap ketenangan batin dan kesehatan mental. Mereka sering melakukan refleksi dan perenungan misalnya dengan meditasi agar fokus terhadap kesadaran dan emosi yang dirasakannya serta menerima semua itu secara terbuka. Mereka memilih segala hal dengan penuh kesadaran agar memiliki hidup yang seimbang.

Dalam pengaplikasiannya seseorang dapat menggunakan satu atau lebih jenis minimalis. Hal terpenting adalah jangan membandingkan minimalis yang dilakukan seseorang dengan lainnya, karena masing-masing memiliki konsep hidup yang berbeda. Tipe minimalis yang manakah bunda?




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News