post image
Maria Goretty Sumiyati/ Foto: INASGOC
KOMENTAR

ATLET Maria Goretty Sumiyati meraih medali emas dalam balap kursi roda klasifikasi T54 nomor 400 meter di ajang ASEAN Paragames Solo 2022 (4/8/2022). Ia meluapkan rasa bahagia dan bangga dengan meneriakkan "Indonesia" berkali-kali.

Klasifikasi T54 diperuntukkan untuk atlet lintasan kursi roda yang berfungsi penuh di tubuh atlet dengan gerakan kaki yang terpengaruh ukuran tubuh atau tidak adanya anggota tubuh.

Sebelumnya, perempuan asal Cilacap ini telah meraih medali perak di nomor 100 meter dan medali emas di nomor 200 meter. Medali emas yang ia raih di nomor 400 meter merupakan lomba terakhirnya di ASEAN Paragames tahun ini. Tak heran bila ia begitu bersemangat untuk mengukir prestasi terbaik.

Dalam final tersebut, Maria mencatat waktu 1 menit 2,77 detik. Ia maju melesat meninggalkan para lawannya dengan jarak sekitar 100 meter di depan mereka.

Di tempat kedua, tercatat nama atlet Thailand Techinee dan di tempat ketiga ada atlet Indonesia Nina Gusmita yang mencapai garis finish dalam waktu 1 menit 6 detik.

Prestasi gemilang yang ditorehkan Maria di dunia olahraga ternyata berawal dari duka mendalam yang dialami Maria.

Setelah kehilangan anaknya saat baru dilahirkan, ia sempat dilanda kesedihan mendalam. Maria kemudian masuk National Paralympic Committee (NPC) DKI Jakarta pada akhir 2014. Maria kemudian berusaha untuk tidak larut dalam kesedihan dengan aktif di bidang olahraga yang dilombakan dalam paralimpiade. Olahragalah yang berhasil membuatnya bangkit.


Perempuan kelahiran 20 Juni 1988 ini mencoba beberapa cabang olahraga, salah satunya badminton. Namun ternyata ia lebih bersemangat untuk melakukan olahraga yang mengerahkan tenaga. Itulah mengapa ia jatuh cinta pada balap kursi roda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Inilah Sosok Gadis Berdarah Jepang yang Tak Menyangka Jadi Pembawa Baki Penuruan Bendera HUT RI ke-77

Sebelumnya

Ibu Tien Soeharto dan Kisahnya dalam Gerakan Pramuka Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women