Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ANAK bermain di bawah sinar matahari bisa memberikan beragam manfaat bagi tubuhnya. Karena paparan sinar matahari bisa mendorong produksi vitamin D dalam tubuh yang baik untuk kesehatan tulang dan meningkatkan sistem imun anak.

Tetapi paparan sinar matahari langsung bisa mengganggu kesehatan kulit. Karenanya, anak memerlukan tabir surya (sunscreen) untuk melindungi kesehatan kulit.

Anak 6 Bulan Bisa Pakai Sunscreen

Penggunaan sunscreen cukup aman untuk anak usia 6 bulan, karena umumnya kulit anak cenderung tipis dan sensitif.  Karena jika terus menerus terpapar matahari langsung, bisa memicu luka lepuh pada kulit. Dan bukan tidak mungkin dalam kasus yang berat anak berisiko menderita kanker kulit seperti melanoma.

Itulah mengapa anak penting memakai tabir surya setiap keluar rumah, baik pagi maupun siang hari.

Memilih Sunscreen yang Tepat

Tapi jangan asal pakai sunscreen, ya. Pemilihan tabir surya tetap harus memerhatikan usia dan jenis kulit anak.

Mengutip laman Alo Dokter, begini cara memilih tabir surya untuk anak:

- Mengandung SPF 30 atau lebih.
- Pilih tabir surya yang mengandung UVA dan UVB, tahan air, dan tidak mengandung paraben, formaldehida, asam paraaminobenzoik (PABA), dan benzephenones (seperti dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone).
- Hindari tabir surya yang mengandung parfum, karena bisa mengiritasi kulit anak.
- Pilih tabir surya yang mengandung zinc oxyde atau titanium dioxide yang bisa meminimkan risiko iritasi kulit.

Cara Pakai yang Tepat

Agar memberikan perlindungan yang maksimal, ushaakan untuk mengoleskan tabir surya 15-30 menit sebelum anak keluar rumah. Oleskan ke seluruh tubuh, kecuali kulit kelamin.

"Agar lebih aman, tes dulu di bagian yang terbuka (seperti kulit tangan) untuk memastikan anak tidak alergi dengan kandungan tabir surya itu," tulis dr Citra Amelinda, SpA di akun Instagramnya.

Jangan lupa mengoleskan tabir surya berulang, terutama jika anak berkeringat atau aktivitas di luar rumah lebih dari 12 jam.

Penggunaan tabir surya dianggap cukup baik untuk melindungi kulit anak dari paparan sinar matahari. Jadi, vitamin D nya dapat, kesehatan kulit pun terjaga.

 




Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebelumnya

Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health