Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KESEHATAN anak adalah hal utama. Orangtua selalu berupaya melindungi anaknya agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Namun, perubahan cuaca membuat anak menjadi rentan dengan penyakit, salah satunya adalah demam. Hal pertama yang biasa dilakukan orangtua adalah membuat anak tertidur dengan nyaman agar demamnya cepat turun dan menyalan air conditioner (AC). Biasanya, anak akan merasa nyaman tidur di ruangan yang sejuk.

Tapi, amankah anak yang sedang demam tidur di dalam ruangan ber-AC?

Mengutip kanal Halo Doc, boleh saja anak yang sedang mengalami demam tidur di ruangan ber-AC. Apalagi ketika demam, anak akan mengeluarkan banyak keringat dan suhu badannya lebih hangat. AC akan membantunya untuk lebih nyaman beristirahat.

Tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan terkait penggunaan pendingin ruangan ketika anak sedang demam, yaitu dengan menyesuaikan suhunya agar tidak terlalu dingin. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah; 

1. Posisi tidur anak agar tidak terkena langsung dengan embusan AC. 
2. Bersihkan AC secara teratur, sebab AC bisa menjadi sarang debu dan tungau. AC yang jarang dibersihkan malah akan membuat demam anak semakin parah karena berpotensi disertai alergi, batuk, dan pilek, yang dipicu dari debu dan tungau.
4. Gunakan timer agar anak tidak terlalu lama terpapar angin AC.

Selain menggunakan AC, Bunda juga bisa membantu menurunkan demam anak dengan mengompresnya. Gunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air, peras, dan letakkan di dahinya.

Berikan pula si kecil cairan, seperti ASI, air putih, sup kaldu hangat, atau yogurt. Dan kenakan pakaian tipis pada si kecil agar hawa panas dalam tubuhnya bisa cepat keluar lewat pori-pori kulit.

Jadi Bunda, tidak perlu panik saat anak demam, karena itu adalah hal yang wajar. Demam pada anak tidak selalu berarti buruk. Faktanya, kondisi tersebut merupakan pertanda bahwa imunitas tubuhnya sedang melawan infeksi.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health