post image
Mutiara Annisa Baswedan
KOMENTAR

FOTO Mutiara Annisa Baswedan, putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menarik perhatian netizen jelang penghujung Mei 2022.

Mengenakan kebaya merah dengan rambut disanggul, Tia—panggilan akrabnya terlihat memukau saat acara lamaran. Publik dibuat penasaran dengan calon suami Tia yang wajahnya tidak ditampakkan dalam foto-foto tersebut.

Sejatinya, sosok Tia memang telah mencuri perhatian publik sejak lama. Baik paras maupun prestasinya membuat banyak orang berdecak kagum.

Wajah cantik berlesung pipit dan rambut keriting menjadi ciri khas Tia. Ia murah senyum, terlihat dari unggahan foto-foto yang menghias laman media sosialnya. Ada netizen yang menyebutnya mirip aktris sekaligus penyanyi Selena Gomez.

Anies memuji sosok anak perempuan satu-satunya itu sebagai pribadi yang mandiri sejak kecil. Tia selalu berani mencoba hal baru dan tidak ragu mengambil keputusan sendiri.

Tia juga selalu menunggu sang ayah pulang, selarut apa pun. Ia menunggu untuk mendengar cerita ayahnya lalu mereka pun berbagi cerita. Setiap hari.

Kakak dari Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, dan Ismail Hakim Baswedan memiliki sederet prestasi di bidang akademik dan kepemudaan.

Lulusan SMA Labschool kebayoran ini mengikuti pertukaran pelajaran AFS selama setahun (2014-2015). Ia juga mewakili UI ke ajang Harvard National Model United Nations yang digelar empat bulan di Amerika Serikat pada tahun 2018.

Lalu di tahun 2019, Tia berhasil lolos seleksi program Youth Ambassador ke Amerika Serikat yang diselenggarakan Kedubes AS dan Kementerian Luar Negeri RI. Ia juga salah satu finalis Youth Ambassador ASEAN Indonesia tahun 2019.

Ia juga menorehkan prestasi sebagai juara ketiga ajang 21st Asian Law Students’ Association (ASLA) National English Competition.

Pada November 2020, Tia lulus S1 Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Prosesi wisuda yang digelar di rumah karena pandemi COVID-19 tak menyurutkan suka cita Tia bersama kedua orangtua dan keluarganya dalam merayakan hari yang membanggakan tersebut.

“Tapi apapun yang dia kelak kerjakan, dia tetap ‘anaknya Abah’ yang suka manja sama orangtuanya, sambil jadi pemimpin buat adik-adiknya,” tulis Anies dalam akun Instagram @aniesbaswedan, mengomentari momen wisuda sang putri.

Di situs jejaring profesional, Tia mencantumkan jabatan Associate di Assegaf Hamzah & Partners. Sebuah profesi yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya di FHUI.

Memilih bidang hukum menurut Anies adalah sebuah perjalanan yang penuh tantangan. Ia berharap ilmu yang didapat putrinya selama kuliah dapat menjadi bekal untuk kontribusinya kelak bagi bangsa Indonesia.




Inilah Sosok Gadis Berdarah Jepang yang Tak Menyangka Jadi Pembawa Baki Penuruan Bendera HUT RI ke-77

Sebelumnya

Ibu Tien Soeharto dan Kisahnya dalam Gerakan Pramuka Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women