post image
Logo Jakarta Hajatan 495 dan bunga warna-warni di pinggiran kolam Bundaran HI bersiap memeriahkan HUT ke-495 Kota Jakarta tercinta/ Net
KOMENTAR

HARI lahir Kota Jakarta jatuh pada 22 Juni. Seperti diinformasikan Pemprov DKI Jakarta melalui akun resmi Instagram @dkijakarta ada sejumlah acara penting menanti.

Acara pertama adalah Upacara HUT ke-495 di Plaza Selatan yang terletak di bagian selatan. Upacara akan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, dan segenap jajaran Pemprov DKI Jakarta.

Sebelumnya, pemprov DKI Jakarta membuka kesempatan bagi warga yang ingin mengikuti upacara tersebut yang mendaftarkan diri melalui link yang disediakan.

Ada 10 pendaftar pertama yang berkesempatan mengikuti upacara secara langsung di Monas bersama Gubernur Anies. Sedangkan 90 pendaftar lainnya bisa mengikuti upacara secara daring lewat Zoom.

Acara formal kemudian dilanjutkan dengan Sidang Paripurna peringatan HUT ke-495 DKI Jakarta di DPRD Jakarta yang akan dihadiri 106 anggota dewan.

Gubernur Anies kemudian melanjutkan rapat bersama pimpinan wilayah penyangga Ibu Kota yaitu Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

Rangkaian acara ditutup dengan malam resepsi HUT Jakarta di Balairung Balai Kota DKI Jakarta.
Lalu apa saja yang bisa dinikmati warga Jakarta?

Ada pementasan ondel-ondel di Perkampungan Betawi Jagakarsa dan di Taman Ismail Marzuki Cikini.

Ada pula malam puncak Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran yang kemeriahannya bisa dinikmati warga Jakarta bersama keluarga.

Menyambut HUT-ke 495 kota Jakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menggratiskan tarif tiga moda transportasi massal yaitu Transjakarta, MRT, dan LRT Jakarta pada Rabu, 22 Juni 2022. Penggratisan tarif tersebut ditetapkan melalui SK No. E-0076 tahun 2022.

Layanan gratis berlaku pada 22 Juni pukul 00.00 hingga 22.59 WIB.

Tak hanya moda transportasi, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta juga memanjakan warga Ibu Kota dengan memberikan wisata sejarah gratis di museum.

Berdasarkan keterangan akun media sosial resmi Dinas Kebudayaan DKI Jakarta @disbuddki, sejumlah tempat bersejarah dan museum yang dikelola Pemprov Jakarta digratiskan untuk menyemarakkan HUT Jakarta.

Ada 11 museum yang bisa dinikmati gratis yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeologi Onrust, Rumah Si Pitung, dan Museum Betawi Setu Babakan.

Sebelumnya, kemeriahan HUT ke-495 Jakarta sudah terasa sejak awal bulan Juni dengan dibukanya PRJ atau Jakarta Fair, berbagai pameran seni, serta gebyar diskon di sejumlah mal.

Kemeriahan Jakarta Hajatan berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Meskipun masyarakat diberi sedikit kelonggaran untuk menikmati berbagai acara yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta, protokol kesehatan tetap dijalankan mengingat Ibu Kota masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Selamat ulang tahun, Jakarta! Semoga menjadi rumah yang nyaman dan aman bagi warga.

 

 




Para Pejabat Kenang Menpan RB Tjahjo Kumolo Sebagai Orang yang Tenang dan Tegas

Sebelumnya

Komplikasi dan Sempat Dirawat Intensif Selama Dua Minggu, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News