post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BUNDA sering kesulitan mendisiplinkan anak? Hal tersebut pastinya dialami sebagian besar orangtua dimanapun berada. Marah tentulah bukan solusi yang tepat ya bund, salah satu solusi untuk mulai mendidik anak agar disiplin dan teratur dalam menjalani rutinitas kesehariannya adalah dengan membuat jadwal harian. Yuk Simak manfaatnya !

1. Anak Akan Belajar dan Memahami Arti Skala Prioritas

Melatih anak membuat jadwal harian akan membuat anak belajar menentukan skala prioritas dalam hidupnya. Anak akan memahami dengan sendirinya apa yang lebih penting, apa yang kurang penting, apa yang harus dikerjakannya telebih dahulu, kapan harus belajar dan kapan harus bermain.  

2. Paham Tentang Konsep Waktu

Saat membuat jadwal harian bersama anak dapat mengajarkan konsep waktu. Dengan begitu, anak akan mengerti kapan harus memulai kegiatan, menyelesaikan kegiatan, dan berapa lama waktu ia miliki.

3. Rutinitasnya Akan Jauh Lebih Teratur

Dengan membuat jadwal harian akan menjadikan rutinitas yang dijalani lebih teratur. Kebiasaan tersebut akan membuat kegiatan sehari-hari tersusun dan terkonsep dengan rapi sehingga meminimalisir kegiatan yang terlewat.

4. Anak Akan Lebih Disiplin

Melakukan rutinitas secara teratur akan membuat anak menjadi lebih disiplin terhadap apa yang mereka kerjakan. Maka kelak sang anak dapat mengatur jadwal hariannya sendiri dan hidupnya akan lebih 'rapih'.

5. Bertanggung Jawab Pada Jadwal

Rutinitas harian yang dibuat harus sesuai dengan kesepakatan bersama antara orangtua dan anak.

Dengan begitu anak akan bertanggung jawab dengan cara menyelesaikan semua kegiatan yang dilakukan berdasarkan jadwal yang sudah sama-sama disepakati.

Yang tak kalah penting, beri pujian bila anak sudah melakukan hal-hal baik sesuai dengan jadwal yang dibuat agar ia termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi dan sukses saat dewasa.
 




Bunda, Kenali dan Waspadai Ciri Anak Depresi. Begini Cara Mengatasinya

Sebelumnya

Di Balik Alasan Mengapa Usia Anak Masuk SD Harus 7 Tahun?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting