post image
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo/ Foto: Instagram @jokowi, @sekretariat.kabinet
KOMENTAR

DELAPAN tahun mendampingi Presiden Joko Widodo bertugas memimpin negara ini, Ibu Iriana—yang akrab disapa Ibu Ana—dikenal sebagai sosok bersahaja.

Meski tak banyak bicara di hadapan publik, Ibu Iriana setia menemani Presiden Jokowi dalam setiap kesempatan, termasuk dalam kunjungan ke luar negeri.

Terakhir, Ibu Negara menemani sang suami bertolak ke Amerika Serikat dengan agenda bertemu Presiden Joe Biden di US-ASEAN Summmit (13/5) dan bertemu Elon Musk di kantor pusat SpaceX (15/5).

Di tengah isu yang berhembus seputar rencana tiga periode pemerintahan Presiden Jokowi yang dikritik banyak pihak, Ibu Iriana (seperti biasa) memilih tak banyak berkomentar.

Keterangan terkait hal itu justru datang dari Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi. Gibran mengatakan ia, sang adik, dan ayahnya sudah mengeluarkan pernyataan tidak setuju terhadap perpanjangan masa jabatan presiden

"Aturannya kan, seperti itu, kita ikuti saja aturannya," ujar Gibran dalam program Aiman yang tayang di Kompas TV (16/5/2022).

Yang menarik adalah penggalan catatan redaksi Aiman berikut ini:

Satu hal yang awalnya saya tidak boleh bertanya lebih jauh. Jawaban yang mengejutkan dari seorang anak Presiden. Bahwa Sang Ibu, Iriana Jokowi, saat ini sudah mulai mencicil mengemas barang-barang dan sebagian sudah dikirim ke Solo dari Istana Bogor!

Apa yang dilakukan Ibu Iriana menjadi jawaban atas rasa penasaran masyarakat tentang sikap keluarga Presiden Jokowi terhadap rencana tiga periode.

Dua hari setelah wawancara dengan Aiman Witjaksono, Sang Wali Kota Solo membenarkan bahwa ibunya mulai berkemas mengingat masa jabatan presiden akan segera berakhir. Sebagian barang telah dikirim lewat jasa kurir ke rumah mereka di Sumber, Banjarsari, Solo.

"Ya barang-baranglah. Kalau ibu sudah berkemas, pasti bapak juga," kata suami Selvi Ananda itu seperti dilansir Kompas.

Perjalanan Iriana, dari Solo hingga Jakarta

Nama Iriana diambil oleh ayahnya dari kata "Irian" setelah ia berkunjung ke Irian Jaya. Perempuan kelahiran 1 Oktober 1963 ini tak menyangka karier politik sang suami membawanya menjadi Ibu Negara Indonesia.

Sejak menikah dengan Jokowi pada Desember 1986, bersama ketiga anak mereka, Gibran, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep, Ibu Iriana menjalani kehidupan sederhana yang damai dan jauh dari sorotan media.

Pada masa itu, Jokowi merupakan pelaku industri mebel. Bisnis yang kemudian diserahkan kepada adik-adiknya setelah Jokowi mengemban amanah sebagai pejabat negara.

Namun kondisi mulai berubah setelah Jokowi masuk ke pusaran politik Tanah Air. Berawal dari keberhasilannya menjadi Wali Kota Solo, berlanjut ke kursi Gubernur DKI Jakarta, hingga akhirnya menjabat Presiden RI selama dua periode.

Menjelang 36 tahun pernikahan, Ibu Iriana telah mendampingi sang suami menghadapi suka duka kehidupan. Termasuk saat dulu mengalami kerugian besar saat berbisnis mebel.

"Kami pernah jatuh. Namun kami bisa bangkit dari kegagalan karena harus bertahan," ujar nenek dari Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Manah, Sedah Mirah Nasution, dan Panembahan Al Nahyan Nasution itu mengenang perjuangannya bersama Jokowi.

Sejak lama, Ibu Iriana mengatakan bahwa sang suami adalah sosok yang tidak neko-neko dan simpel.

Dulu, semasa menetap di Solo, keluarga Jokowi hanya punya satu televisi yang diletakkan di kamar tidur. Tujuannya supaya orangtua dan anak-anak bisa berkumpul saat ingin menonton tv.

Pun ketika kini ada kolam renang besar untuk cucu-cucunya bermain, kolam itu lebih sering dibiarkan kering agar tidak membutuhkan biaya besar untuk perawatannya. Toh, keluarga besar mereka memang jarang tinggal lama di rumah pribadi Jokowi.




Ketanji Brown Jackson, Wanita Kulit Hitam Pertama yang Dinobatkan Sebagai Hakim Mahkamah Agung AS

Sebelumnya

Lima Bulan Bertahan di Tengah Perang, Ini Curahan Hati Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women