KOMENTAR

FASHION muslim semakin mendunia. Perkembangannya sungguh sangat luar biasa, terutama di wilayah Eropa. Seperti tak terkena dampak pandemi, setiap tahun ada saja gaya fashion muslim yang baru. 

Di dunia fashion muslim, ada empat nama model yang terus dibicarakan. Tak hanya karena kepiawaiannya menampilkan busana di atas catwalk, tapi juga talenta luar biasa yang ditonjolkannya. 

Yuk, kita kenalan! 

1. Halima Aden 

Halima Aden adalah seorang model busana Amerika. Ia dikenal dunia setelah menjadi wanita Somalia-Amerika pertama yang berkompetisi dan menjadi semifinalis dalam kontes kecantikan Miss Minnesota USA. 

Setelah keikutsertaannya itu, Aden mendapat perhatian publik dan dikontrak oleh IMG Models.

"Jangan harus menyesuaikan diri untuk bisa berbaur, sebaliknya banggalah dengan siapa kamu dan dari mana kamu berasal. Setiap orang dilahirkan untuk menonjol dan kita semua bisa merangkul perbedaan satu sama lain. Dunia akan menemui di tempat kamu seharusnya," kata Aden dengan bijak.

Sejak kemunculannya sebagai finalis berhijab di Miss Minnesota USA, Halima langsung menggebrak dunia fesyen. Banyak sejarah ditorehkan, seperti menjadi model hijab pertama yang berjalan di New ayok Fashion Week, model hijab pertama yang memakai baju renang burkini di majalah Sports Illustrated, dan model hijab pertama yang muncul di sampul Vogue Arabia edisi Juni 2017.

2. Mariah Idrissi

Mariah Idrissi adalah model asal. Inggris yang gemar mengoleksi hijab. Sosoknya mulai dikenal setelah mengikuti kampanye fesyen dengan memakai hijab.

Saat itu acara London Fashion Week sempat dikritik karena kurang mengampanyekan perbedaan. Dan berangkat dari sana, Mariah ingin menginspirasi orang lain untuk mengubah dunia fesyen.

"Aku merasa sangat bangga dengan hujan ku. Menjadi seorang muslim adalah karakteristik ku," kata Mariah. 

Mariah lahir di London dari seorang ibu Pakistan dan ayah Maroko. Sejak usia. 4 sampai 16 ia belajar agama Islam di sekolah. 

Awalnya Mariah tidak bermimpi menjadi model hijab, tapi sejak 2015 ia mulai menekuni dunia fesyen dan menjadi model. Iklan H&M. Dari situ ia mencoba menunjukkan standar kecantikan yang berbeda.

"Ketika orang-orang berkata bahwa aku tertekan sebagai perempuan Muslim, aku tidak merasakannya. Aku merasa bahwa aku bebas," ujar dia. 

"Aku tidak ditekan untuk memiliki bokong bagus dan memamerkannya dalam bikini, itu tidak berlaku untukku. Jadi sangat disayangkan kalau banyak perempuan muda yang merasa mereka harus berubah untuk memenuhi standar," ucapnya.

Perempuan yang berpakaian tertutup, lanjut Mariah, bisa terlihat cantik dan fashionable. Dan Mariah akan membuktikannya dengan menjadi wanita berhijab pertama di Inggris yang akan memenangkan Piala Oscar. 

3. Leah Vernon

Leah Vernon memulai kisah mendunia nya lewat tulisan-tulisan fiksi dan blogger pada 2013. Ia mendobrak dunia fesyen dengan  menyuarakan berapa sedihnya standar kecantikan yang memaksa perempuan harus mempunyai tubuh kurus dan berkulit putih. 

Sindiran itu ditulis wanita asal Detroit ini di sebuah buku berjudul "Unashamed: Musings of a Fat, Black Muslim". Dalam buku tersebut ia menuliskan segala perjuangan melawan insecurities yang dialaminya, terkait dengan bentuk tubuh, warna kulit, serta keyakinan.

 




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women