KOMENTAR

KOMISI Status Perempuan PBB sesi ke 66 (CSW 66) dan LSM Taiwan "Yayasan Promosi dan Pengembangan Hak Perempuan/Foundation of Women's Rights Promotion and Development" (FWRPD) bersama-sama menyelenggarakan "Pekan Kesetaraan Gender Taiwan/Taiwan Gender Equality Week" (TGEW) .

Selama dua tahun terakhir, acara ini menarik perhatian komunitas internasional. Tahun ini, sejalan dengan tema CSW 66 “Kebijakan dan Solusi Perubahan Iklim, Lingkungan dan Pengurangan Risiko Bencana untuk Mencapai Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan”, selain mengadakan forum online “Climate Justice Leaders Forum” internasional dan mengundang LSM Taiwan untuk berpartisipasi dalam pertemuan paralel LSM CSW, demi memperluas skala dan spesifikasi program, juga diadakan resepsi "Women's Power Night" pada Hari Perempuan Internasional/ Women’ Day.

"Women's Power Night" rencananya akan digelar di Hotel Taipei pada pukul 18:00 pada Women's Day 8 Maret, dengan Menteri Luar Negeri Taiwan Wu Zhaoxie sebagai tuan rumah. Selain mengundang utusan wanita dari berbagai negara, menteri perempuan dari Yuan Eksekutif, perwakilan perempuan dari perusahaan Taiwan, cendekiawan dan pakar di bidang kesetaraan gender dan perlindungan lingkungan, serta ketua LSM lokal dan internasional, secara khusus turut mengundang Presiden Taiwan Tsai Ing-wen untuk menghadiri acara tersebut dan menyampaikan pidato singkat untuk memimpin pembukaan rangkaian kegiatan "Pekan Kesetaraan Gender Taiwan" tahun ini, berikut rekaman pidato dari wakil presiden negara Palau dan pejabat wanita Amerika untuk berbagi pengalaman negara mereka dalam mempromosikan perubahan iklim. Dekorasi ruangan acara difokuskan pada perlindungan lingkungan hijau dan perubahan iklim.

Disamping menunjukkan perlindungan terhadap hak-hak perempuan dan promosi kesetaraan gender, tamu undangan juga dapat memahami tindakan Taiwan dalam memerangi perubahan iklim dengan cara yang intelektual dan menarik.  "Women's Power Night" akan disiarkan langsung di Facebook Kementerian Luar Negeri Taiwan (facebook.com/mofa.gov.tw).  Kami mengajak eman-teman Indonesia bersama-sama untuk menyaksikan acara International Women's Day ini.

Selain itu, forum internasional online dijadwalkan akan diadakan pada tanggal 15 Maret, pukul 20:30 waktu Taipei. Dengan tema "Climate Justice Leaders Forum ". Sejumlah kalangan kelas atas internasional akan diundang untuk menghadiri forum tersebut. Forum akan terbagi dalam 3 sesi, yakni forum tokoh politik, keynote speech dan tokoh LSM.

Pada Forum Pemimpin Politik, Menteri Urusan Ekonomi Taiwan Wang Meihua akan berbagi pengalaman tentang kebijakan dan langkah Taiwan untuk mendorong partisipasi perempuan dan mempromosikan energi bersih. Mantan pemimpin Partai Hijau Inggris Sir Natalie Louise Bennett akan berbagi inisiatif kebijakan lingkungan Partai Hijau, Menteri Pendidikan Kepulauan Marshall Kitlang Kabuya juga akan menyampaikan pidato tentang negara-negara kepulauan Pasifik yang saat ini sedang menghadapi tantangan iklim yang parah.

Dialog para pemimpin LSM dilakukan oleh Tara DePorte, pendiri dan CEO Human Impact Institute di Amerika Serikat, Ann K. Singeo, CEO kelompok konservasi lingkungan Palau Ebiil Society, dan aktivis perempuan iklim Taiwan Wang Xuanru, yang akan berbagi pengalaman berharga masing-masing dalam mempromosikan perlindungan lingkungan dan perubahan iklim.  Semua sesi forum akan disiarkan langsung di Facebook dan YouTube Kementerian Luar Negeri Taiwan.

Pertemuan paralel Forum CSW LSM tahunan adalah forum internasional yang penting bagi pertemuan masyarakat sipil di berbagai negara untuk mempromosikan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan. Kementerian Luar Negeri Taiwan secara aktif membantu LSM untuk berpartisipasi. Selain hampir 20 LSM yang berpartisipasi dalam CSW66 tahun ini , juga secara sukses telah menyelenggarakan 27 konferensi paralel yang merupakan pencapaian rekor tertinggi saat ini.

Pada tanggal 14-24 Maret mendatang, mereka akan berbagi pengalaman dengan komunitas internasional tentang pencapaian nyata orang Taiwan dalam mempromosikan kesetaraan gender, pemberdayaan ekonomi perempuan dan memerangi perubahan iklim, serta menunjukkan kreativitas, eksekusi, dan ketahanan yang bersemangat perempuan Taiwan untuk membantu mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Disamping itu, tahun ini Kementerian Luar Negeri Taiwan dan Asosiasi Hak Perempuan Taiwan juga bersama-sama memproduksi film pendek "Power of Women"  yang berdurasi 1 menit 20 detik tentang tantangan perubahan iklim terhadap perempuan global, dan bagaimana perempuan Taiwan beraksi serta bergabung dalam perang melawan pemanasan global.

Tautan video (https://fb.watch/bBaeji3N3D/) silahkan ditonton. Untuk informasi kegiatan rangkaian Pekan Kesetaraan Gender Taiwan 2022, silakan merujuk ke: https://www.tgew.org/.




CERDIK Beraktivitas Usai Libur Lebaran

Sebelumnya

Korea Selatan Impor Siswa dari Empat Negara Imbas Tingkat Kelahiran yang Terus Menurun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News