Apel ampuh untuk meredakan batuk karena memiliki kandungan flavanoid yang dapat mengurangi gejala peradangan dan iritasi/ Net
Apel ampuh untuk meredakan batuk karena memiliki kandungan flavanoid yang dapat mengurangi gejala peradangan dan iritasi/ Net
KOMENTAR

PENYAKIT musim hujan, yaitu batuk dan influenza saat ini bisa dialami siapa saja. Biasanya, rebusan air jahe hangat dan berkumur dengan air garam, bisa mengurangi keluhan batuk.

Selain air jahe hangat dan berkumur air garam, buah-buahan yang kaya vitamin C, antioksidan, maupun mineral, juga mampu mengurangi keluhan batuk.

Berikut ini sejumlah buah-buahan kaya vitamin, mineral, dan antioksidan yang ampuh meredakan batuk.

1. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kandungan dalam lemon dipercaya bisa mengurangi peradangan dalam saluran pernapasan dan melumasi tenggorokan yang kering.

Cara mengonsumsinya, potong lemon secukupnya. Anda bisa langsung menghisap potongan lemon tersebut atau mencampurkannya dengan teh hangat. Bisa dicampur pula dengan madu atau jahe.

2. Jambu biji

Biasanya kita memanfaatkan jambu biji untuk meringankan penyakit demam berdarah. Tapi ternyata, jambu biji juga efektif meredakan batuk karena mengandung vitamin C dan zat besi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jambu biji bisa melawan infeksi, mengurangi lendir di tenggorokan, membunuh virus atau bakteri penyebab batuk yang ada di saluran pernapasan.

Cara mengkonsumsi, bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Daun jambu bijinya juga bisa direbus dan diminum untuk menambah khasiatnya.

3. Kiwi

Buah kecil berwarna hijau ini juga kaya vitamin C dan tinggi mineral. Ahli meneliti, buah kiwo dapat membantu menaikkan data tahan tubuh (sistem imun) seseorang, sehingga bisa membantu melawan virus penyebab batuk.

Buah kiwi juga membantu melancarkan saluran pernapasan dan tentunya mengurangi batuk yang biasanya menyertai influenza.

4. Nanas

Buah yang memiliki duri ini ternyata juga kaya vitamin C, B, serat, mangan, dan bromelain yaitu enzim yang bekerja sebagai antiradang, antibakteri, serta antivirus.

Mengonsumsi sepotong buah nanas segar atau jus nanas segar sehari 3 kali dapat menenangkan batuk, mengencerkan dahak, melegakan saluran pernapasan, dan melawan infeksi.

Tambahkan madu, garam, dan jahe untuk meningkatkan efektivitas nanas melawan batuk.

Tapi perlu diingat, jika Anda termasuk orang yang sulit mengeluarkan dahak, jangan mengonsumsi nanas, karena buah ini memicu produksi histamin yang menyebabkan lendir atau dahak diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak.

5. Apel

Peneliti mengatakan, apel ampuh untuk meredakan batuk karena memiliki kandungan flavanoid yang dapat mengurangi gejala peradangan dan iritasi yang menyebabkan batuk.

Cara mengonsumsinya, bisa langsung dimakan atau dibuat jus dan dikonsumsi secara rutin hingga batuk reda.

Jika flu mulai menyerang dan gatal di tenggorokan sudah mulai terasa, ada baiknya segera diatasi untuk mencegah peradangan maupun iritasi.

Beberapa cara mengatasi batuk bisa dilakukan, mulai dari mengonsumsi air hangat, berkumur dengan air garam, atau mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, mineral, serat, maupun antioksidan.

 




Puasa Tetap Aman Bagi Pengidap Diabetes Melitus

Sebelumnya

Cegah TBC pada Anak dengan Vaksin BCG, Jangan Lupa Kenali Efek Sampingnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health