KOMENTAR

MASYARAKAT dunia menyambut malam pergantian tahun dengan suka cita. Terlepas dari badai Omicron yang membatalkan banyak perayaan besar juga membatalkan penerbangan lintas negara, semangat memasuki tahun baru tetap bergema seantero dunia.

Sejumlah kepala negara memberikan pernyataan singkat yang umumnya menggelorakan semangat rakyat mereka untuk bangkit melawan pandemi COVID-19.

Berikut ini perayaan tahun baru 2022 di berbagai negara di dunia, seperti dilansir Al Jazeera.

Gaza, Paletina

Militer Israel baru saja menyerang Hamas di jalur Gaza pada 29 Desember. Namun menyambut pergantian tahun, masyarakat Gaza memilih untuk menemukan cahaya dalam kegelapan. Mereka mencoba memompa semangat untuk bertahan hidup dan merayakan malam tahun baru dengan suka cita dan meramaikan jalan-jalan utama.

Jepang

Kaisar Jepang Naruhito membuat video yang disiarkan pada malam tahun baru. Tahun ini menjadi kedua kalinya ia membuat video untuk mendoakan warga Jepang yang meninggal selama pandemi COVID-19. Jepang mencatat lebih dari 18.000 warganya meninggal akibat COVID-19. Tahun ini pertemuan istana dengan masyarakat juga dibatalkan demi mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Duduk di depan pohon bonsai, kaisar bersama istrinya Masako juga berterima kasih kepada para dokter dan tenaga kesehatan lain. "Dari lubuk hati, saya berharap kita akan bangkit dari masa-masa sulit ini," ujar Kaisar Naruhito.

Kenya

Presiden Uhuru Kenyatta mengirim pesan kepada rakyat Kenya. "Kita mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2021 dan bersuka cita karena tahun 2022 memberi kesempatan untuk melakukan hal-hal yang lebih baik."

Presiden Kenyatta mengakui tantangan negaranya dalam memerangi COVID-19. Ia berjanji akan menambah target vaksinasi menjadi 30 juta orang pada akhir tahun 2022.

Yunani

Pertunjukan kembang api di kota Athena, tepatnya di atas Acropolis, menandai pergantian tahun 2022. Tampak warna-warni memenuhi langit  Athena. Kementerian Kesehatan telah melarang acara musik untuk perayaan tahun baru.

Prancis

Menara Eiffel di kota Paris diterangi lampu-lampu megah saat memasuki tahun 2022. Seperti halnya banyak negara Eropan, perayaan tahun baru yang melibatkan kerumunan massa tidak diperkenankan mengingat penyebaran Omicron. Sejak bulan lalu, pemerintah telah mengumumkan larangan pertunjukan kembang api dan konser musik, juga pertemuan besar selama Nataru.

Jerman

Pertunjukan lampu diadakan di Gerbang Bradenburg Berlin saat ibu kota Jerman itu merayakan awal tahun 2022. Perayaan akbar tahun baru dibatalkan dan penjualan kembang api pun dilarang sebagai bagian dari pembatasan menghadapi penularan Omicron. Jerman mengalami kenaikan angka kasus yang cukup tinggi meskipun belum menjadikannya berada dalam situasi darurat.

Amerika Serikat

Karena pandemi COVID-19 terlebih dengan adanya varian Omicron, perayaan pergantian tahun di Times Square tetap berjalan meskipun 'hanya' dihadiri sekitar 15.000 orang. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan puluhan ribu orang yang biasanya memadati Times Square untuk perayaan malam tahun baru.

Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa pandemi belum berakhir, namun ia memuji rakyatnya karena tetap bertahan di masa-masa sulit. Gugus tugas COVID-19 Rusia melaporkan 308.860 warga Rusia meninggal akibat virus corona, namun badan statistik Rusia meyakini angka tersebut sebenarnya jauh lebih banyak.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News