Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SUDAH menjadi kodrat wanita mengalami haid atau menstruasi. Namun ada kalanya beberapa wanita mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan saat menstruasi datang.

Misalnya rasa sakit luar biasa di perut, mual, hingga lemas tak berdaya. Jika sudah demikian, aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Yang paling umum dialami adalah rasa lemas. Sebagian berpendapat, rasa lemas disebabkan oleh banyaknya darah yang keluar namun belum tergantikan dengan baik.

Namun menurut dr Kartika Mayasari dari klikdokter, penyebab lemas saat menstruasi harus dikenali dengan benar agar bisa diatasi dengan baik, sehingga aktivitas rutin tetap bisa dijalani.

Apa saja penyebab rasa lemas tersebut?

1. Dehidrasi

Saat menstruasi, terjadi perubahan kadar estrogen dan progesteron yang memengaruhi jumlah air dalam tubu. Ditambah banyaknya darah yang keluar membuat seseorang merasa lemas.

Disarankan untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk menggantikan air dalam tubuh yang hilang, hingga risiko terjadinya kram perut bisa dihindari.

2. Hormon

Seseorang yang sedang menstruasi, maka hormon estrogen dan progesteron berada pada level terendah. Itulah mengapa menjadi mudah nyeri pada.perut, pusing, mual, lelah, dan lainnya.

Jadi, sebaiknya kurangi aktivitas berat saat menstruasi. Lakukan olahraga ringan saja jika memang masih kuat.

3. Anemia

Sudah tentu wanita yang mengalami menstruasi berat berisiko mengalami anemia. Badan lemas, kulit pucat, detak jantung tidak beraturan, napas pendek, dan lainnya.

Ada baiknya mengonsumsi suplemen penambah darah, jika memang diperlukan.

Penyebab lemas saat menstruasi ini sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti mengonsumsi makanan tinggi zat besi, minum cukup air, dan istirahat yang cukup.

Makanan yang kaya akan zat besi membantu tubuh membentuk hemoglobin atau sel darah merah. Zat besi bisa ditemui pada daging merah, sayur bayam, dan hati ayam.

    




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health