post image
KOMENTAR

DUNIA fesyen merupakan salah satu industri terbesar di dunia setelah industri pangan. Demikian pula industri fesyen di Indonesia yang terbilang sangat maju, terbukti dengan semakin banyaknya desainer yang tak hanya berhasil menjadi tuan rumah di negeri sendiri tapi juga sukses merambah dunia internasional.

Perkembangan fesyen Tanah Air tak lepas dari pengaruh asing, salah satunya Eropa, yang memang sudah sejak lama menjadi pusat fesyen dunia. Tak heran bila banyak istilah fesyen yang diambil dari bahasa Inggris atau bahasa Prancis.

Nah, Sahabat Farah yang ingin mengenal atau terjun ke dunia fesyen, kamu sebaiknya menambah wawasan dengan memahami lebih dulu istilah-istilah asing dalam fesyen berikut ini.

1.Fashionista

Istilah ini digunakan untuk sebutan orang yang berkecimpung dan selalu mengikuti perkembangan (update) di dunia fesyen. Baik dari desainer, model, fotografer, penulis fesyen, maupun pecinta fesyen yang memiliki fashion taste yang unik.

2.Capsule Wardrobe

Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh seorang pemilik butik di London, Inggris yang bernama Susie Faux pada tahun 1970-an. Arti capsule wardrobe adalah menciptakan banyak look atau suatu koleksi hanya dari beberapa baju dengan cara mix and match.

3.Atelier  

Dalam dunia fesyen, istilah atelier merujuk pada studio pribadi sang desainer yang memiliki sejumlah pekerja yang membantunya dalam merancang hingga melayani kebutuhan pelanggan.

4.Pret-a-Porter atau Ready to Wear (RTW)

Istilah pret-a-porter adalah istilah dalam bahasa Prancis yang biasa dikenal dengan sebutan ready to wear (RTW) atau siap pakai. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan suatu koleksi label yang diproduksi secara massal yang dibuat berdasarkan ukuran standar internasional (S, M, L, XL).

5.Haute Couture

Berbeda dengan busana ready to wear yang diproduksi dalam jumlah banyak, istilah haute couture merujuk pada busana eksklusif dengan kualitas terbaik yang dibuat secara khusus. Dibuat secara handmade memakai bahan kualitas terbaik, dengan hiasan mendetail dan membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Di Indonesia, busana jenis ini dikenal dengan sebutan adibusana.

6.Monochrome

Biasanya kita mengartikan istilah monochrome dengan warna-warna dasar seperti hitam, putih, atau abu. Tapi dalam dunia fesyen, istilah monochrome juga diartikan sebagai style yang hanya memakai satu warna atau perpaduan satu warna dengan shade atau tone yang berbeda.

7.Avant Garde

Dalam bahasa Inggris, avant garde merupakan bentuk kata sifat yang merujuk kepada orang atau karya yang bersifat unik, eksperimental, atau inovatif dalam desain serta teknik pengerjaannya. Busana jenis ini biasanya dibuat sebagai kostum seperti kostum untuk film-film fantasi atau kostum artis pada acara Met Gala karena bentuknya yang eksentrik atau terbilang aneh bagi masyarakat awam.

8.Streetwear dan Street Style

Istilah yang pastinya tidak asing lagi bagi kita adalah streetwear dan street style, tapi apakah kamu tahu perbedaannya. Istilah streetwear diartikan sebagai busana yang cocok dipakai untuk berjalan-jalan atau santai seperti pakaian casual. Sedangkan istilah street style mengarah pada keseluruhan look orang tersebut yang identik dengan anak muda dan budaya urban.   

9.Garment

Garment alias garmen adalah pakaian yang diproduksi dalam skala besar oleh sebuah pabrik dan dikerjakan secara terpisah atau per divisi. Seperti ada bagian pola, penjahitan, sampai finishing. Tidak heran bila pabrik garmen bisa memiliki karyawan hingga ratusan orang.

Close X

Kisah Adelina Meramu Keindahan Tenun Garut

Sebelumnya

Elegant Ethnic, Indahnya Tenun Endek Bali di Tangan Kreatif Nydhi Citra Asara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Fashion