Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PROGRAM vaksinasi Covid-19 massal yang gencar dilakukan Pemerintah Indonesia, mendapat apresiasi luar biasa dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan jumlah suntikan tertinggi. Bersama Indonesia ada India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang.

Juru Bicara Covid-19 Reisa Broto Asmoro memaparkan, sejauh ini cakupan vaksinasi di Indonesia sudah mencapai 200 juta dosis lebih. Berdasarkan data Kemkes RI, program vaksinasi pemerintah sudah mencapai sekitar 40 persen untuk kategori lengkap dan 60 persen untuk dosis pertama.

"Dengan begitu target WHO sudah kita lampaui. WHO bertekad memvaksinasi minimal satu dosis sekurang-kurangnya 40 persen di akhir tahun ini dan 60 persen di tahun depan," kata Reisa.

Jumlah tersebut, lanjut dia, sudah termasuk upaya kemitraan pemerintah dan swasta dalam bentuk Vaksin Gotong Royong yang sudah mencapai 2,2 juta suntikan per 5 November kemarin.

Tetap Patuhi Prokes

Reisa menegaskan, Capaian ini merupakan hasil.kerja keras bersama seluruh elemen bangsa.

"Kita semua punya peran yang kita sumbangkan tanpa terkecuali. Terima kasih untuk semua rakyat Indonesia yang luar biasa," ujarnya.

Pesan dia, masyarakat Indonesia jangan jumawa dan berbesar hati serta melupakan protokol kesehatan. Sebab, pandemi belum usai dan masih ada kemungkinan lonjakan ketiga, terutama jelang libur Natal dan Tahun Baru.

"Ingat jaga ketat protokol kesehatan, jangan sampai kendor. Tetap pakai masker dan jaga jarak, hindari kerumunan dan lakukan pola hidup sehat. Sesering mungkin cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer," tutup Reisa.

 




IISD Desak Presiden Jokowi Sahkan RPP Kesehatan: Optimalisasi Kesehatan Anak Menuju Visi Indonesia Emas 2045

Sebelumnya

Israel Akan Datang ke Qatar untuk Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata dan Pertukaran Sandera

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News