Nada Aristawidya Putri, Khanifah, Maura Ros Valentina, Sulastri, dan Insan Safitri berhasil meraih medali perak pada International Avicenna Youth Science Fair (IAYSF) 2021 di Taheran.
Nada Aristawidya Putri, Khanifah, Maura Ros Valentina, Sulastri, dan Insan Safitri berhasil meraih medali perak pada International Avicenna Youth Science Fair (IAYSF) 2021 di Taheran.
KOMENTAR

SISWA MADRASAH Aliyah Negeri (MAN) Kebumen menorehkan prestasi internasional. Tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang terdiri dari Nada Aristawidya Putri, Khanifah, Maura Ros Valentina, Sulastri, dan Insan Safitri berhasil meraih medali perak (silver award) pada International Avicenna Youth Science Fair (IAYSF) 2021 di Taheran, Iran.

Dalam ajang IAYSF kali ini, para pelajar yang tergabung dalam Tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) MAN 4 Kebumen menyajikan  karya ilmiah “The Acaricide of Organic Waste to Eradicate Whitefly (Bemisia Tabaci) on Guava Plant.”

Dilansir dari laman kemenag.go.id, pemenang kompetisi diumumkan melalui zoom meeting pada 23 Oktober 2021 dan  diumumkan juga melalui web IAYSF sehari setelahnya. Para siswa mendapat kabar kemenangan ini melalui pembimbing riset mereka.

Kepala MAN 4 Kebumen, Muhamad Siswanto, mengapresiasi prestasi internasional yang diraih siswanya. Menurutnya, prestasi itu memiliki arti penting bagi perkembangan MAN 4 Kebumen.

“Prestasi internasional ini merupakan yang kedua di MAN 4 Kebumen dan ini meneguhkan jati diri kita sebagai madrasah yang sudah mula go internasional. Harapan saya ke depan, semoga MAN 4 Kebumen terus meraih prestasi di tingkat dunia sehingga menjadi madrasah yang mandiri dan berprestasi, sebagaimana tagline Kementerian Agama,” sambungnya.

“Di even ini kami meneliti kulit bawang merah dan biji bengkoang. Selama ini dua bahan itu dianggap tidak berguna. Tapi setelah kami teliti, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembasmi hama, khususnya hama kutu kebul,” jelas Ketua Tim KIR MAN 4 bidang Biologi, Teguh Yulianto.

Wakil Kepala MAN 4 Kebumen bidang Kurikulum Indra Yunan Yunianto menambahkan, penghargaan internasional ini menempatkan MAN 4 Kebumen dalam jajaran Madrasah Aliyah yang diperhitungkan di Kebumen.

Penghargaan internasional ini juga bukan kali pertama bagi MAN 4 Kebumen. Sebab, pada bulan April 2021, MAN 4 Kebumen juga meraih penghargaan dalam ajang Malaysia Internasional Young Scientists Conference and Exhibition (MYSCE) 2021 dan menempati peringkat kelima se-Jawa Tengah dalam hal pencapaian prestasi sekolah tingkat Aliyah sejak bulan September 2021.

Wah, selamat yah!




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News