post image
Kulit buah yang bisa diseduh bersama dengan teh, batang dan sisa sayuran yang direbus menjadi kaldu sayur/Net
KOMENTAR

PERIBAHASA “Habis manis, sepah dibuang", sangat cocok untuk dikaitkan dengan sisa bahan makanan seperti nasi, batang sayuran, kupasan kulit buah dan banyak lagi bahan lainnya yang sering sekali disepelekan dan berujung terbuang sia-sia. 

Padahal sebelum sampai ke tangan kita, bahan-bahan tersebut perlu melalui proses panjang yang melibatkan kerja keras banyak orang. 

Namun begitu bahan-bahan itu sudah terlihat tidak bisa diolah dalam menu makanan, banyak orang yang tidak mau ambil pusing dan langsung memasukan sisa bahan makanan ke dalam tempat pembuangan sampah.

Padahal, sisa bahan tersebut masih dapat diolah dan dikreasikan menjadi hidangan baru yang masih kaya akan rasa. 

Ternyata, kulit buah yang bisa diseduh bersama dengan teh, batang dan sisa sayuran yang direbus menjadi kaldu sayur, atau bahkan sekadar menyimpan nasi sisa ke dalam kulkas untuk dijadikan nasi goreng keesokan harinya. 

Menyadari hal tersebut, sebuah brand elektronik konsumen yang berfokus pada peralatan dapur karya anak bangsa yang sudah berdiri sejak tahun 2001, yakni Kirin, berupaya untuk mencari solusi agar bahan sisa seperti itu bisa diolah lebih lanjut.

Melalui acara Kirin #SisaBisa, Kirin mengupas tuntas permasalahan tersebut.  Belasan resep dari bahan makanan yang tersisa telah disajikan untuk menjadi awal yang menginspirasi masyarakat luas bahwa apa yang tersisa tidak perlu menjadi sia-sia karena tetap dapat kaya akan rasa.

“Banyak orang yang abai dan menganggap bahwa sisa bahan makanan sama sekali tidak berguna. Acara Kirin #SisaBisa ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih cerdas dalam menggunakan bahan makanan sepenuhnya sehingga tidak langsung membuangnya begitu saja. Ada banyak cara untuk mengolah sisa-sisa bahan makanan menjadi hidangan yang kaya rasa," kata Corporate Brand Manager Kirin Eka Arli Chandra.

Acara Kirin #SisaBisa dipandu oleh Putri Habibie, yakni seorang guru masak selebriti di LadyBake Cooking Class, sebuah lembaga kursus masak kepercayaan para artis. Acara ini memiliki 8 episode yang ditayangkan setiap hari Jumat mulai dari 16 Juli hingga 3 September 2021. 

Di setiap episodenya, Kirin #SisaBisa menghadirkan pembicara yang membagikan tips-tips tentang bagaimana cara mengolah makanan sisa menjadi hidangan yang lezat pada Instagram Kirin @kirinindonesia.

Para pembicara ini ialah Alun Rahmadani dari Foodpreparation Indonesia, Healthy Lifestyle Influencer Tri Janita, Founder Garda Pangan Eva Bachtiar, Influencer Kuliner Gastronomoe, Chef Degan Septoadji, Co-Founder FoodCycle Indonesia Astrid Paramita, dan Food Blogger Windi Iwandi.

Para pembicara tersebut tidak hanya membicarakan mengenai pengelolaan makanan sisa, tapi juga memberikan solusi dengan cara berbagi resep-resep ampuh dengan bahan-bahan sisa yang kerap dibuang. Untuk mendapatkan inspirasi mengolah resep dari bahan-bahan dan juga makanan sisa, tonton seluruh episode Kirin #SisaBisa yang ada di IGTV akun Instagram Kirin @kirinindonesia.

Kiat Bertahan 14 Tahun ala Srie Firman: Temukanlah Sahabat untuk Berbagi Rasa dan Membantumu Berdiri Tegak

Sebelumnya

Tekankan SADARI dan SADANIS, Dr. dr. Diani Kartini, Sp.B(K)Onk: Jangan Takut, Kanker Payudara Bisa Sembuh!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health