Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ORANG yang gemar tertawa tidak hanya identik dengan bahagia, namun juga menandakan bahwa ia dalam keadaan sehat serta bugar. Mengapa demikian? Karena tertawa membuat seseorang terbebas dari tekanan atau stres.

Tertawa juga bisa menyehatkan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menurunkan hormon stres, mengurangi peradangan pada arteri, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Saat tertawa, hormon endorfin akan dilepaskan, sehingga seseorang akan merasa lebih baik. Itulah mengapa tertawa disebut sebagai obat gratis dan terbaik.

Merangkum berbagai sumber, ada 11 alasan mengapa tertawa bisa menjadi obat dari berbagai penyakit.

1. Membuat diri merasa lebih baik

Tertawa dapat mengurangi beban dan tingkat stres yang sedang dialami seseorang. Saat tertawa, beban pikiran akan berkurang, sehingga perasaan terhimpit menjadi lega.

Alasannya, saat tertawa produksi hormon pemicu stres berkurang, seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dan dopamin. Sedangkan hormon endorfin justru meningkat.

2. Menyehatkan jantung

Saat tertawa, akan terjadi peningkatan aliran oksigen di dalam peredaran darah. Juga memicu pelepasan nitrogen oksida atau nitric oxide, yaitu zat kimia yang melindungi jantung dengan cara mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak kolesterol.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tertawa terbukti meningkatkan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun. Peningkatan ini akan berpengaruh terhadap kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Mencegah penuaan dini

Sering orang mengatakan, banyak tertawa bisa jadi obat awet muda. Itu benar, karena dengan tertawa otot-otot wajah akan tertarik dan mengencang.

5. Membuat lebih produktif

Perasaan bahagia yang dihasilkan dari tertawa tersebut kemudian membangkitkan semangat seseorang untuk melakukan berbagai macam hal.

6. Menstimulasi sisi kanan pikiran

Seseorang yang tertawa biasanya akan memiliki pemikiran yang logis, karena tidak dalam kondisi tertekan. Dengan begitu, sisi kanan dari otaknya akan mudah mengambil keputusan dan kreativitas meningkat.

7. Membuat seseorang lebih menarik

Tertawa bikin awet muda. Karenanya, orang yang tertawa akan terlihat lebih menarik.

8. Meningkatkan toleransi atas rasa sakit

Tertawa membuat seseorang lebih tangguh dan siap menghadapi masalah. Saat dihadapkan dengan suatu keadaan yang membuatnya merasa "sakit", maka ia akan lebih siap menghadapinya.

9. Membuat tubuh rileks

Tertawa yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh dapat meredakan ketegangan dan stres fisik. Selepas tertawa, seluruh tubuh bisa rileks selama 45 menit kemudian.

10. Menghindari dari konflik




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health