Mendikbudristek Nadiem Makarim bersama guru, orangtua, dan anak-anak Suku Anak Dalam/ Foto: Dok.Kemendikbudristek
Mendikbudristek Nadiem Makarim bersama guru, orangtua, dan anak-anak Suku Anak Dalam/ Foto: Dok.Kemendikbudristek
KOMENTAR

NADIEM Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi RI beberapa waktu lalu berada di Jambi untuk melakukan kunjungan kerja.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh menteri yang biasa disapa Mas Menteri ini. Mulai  meninjau kegiatan vaksinasi pendidik dan pelajar yang diadakan di Korem 042 Garuda Putih Jambi, hingga kegiatan lainnya.

Dari sekian agenda kerja yang dilakukannya, ada satu kegiatan mengunjungi murid-murid dan para guru Suku Anak Dalam.   Suku  Anak Dalam atau Orang Ulu adalah salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatra, mereka berada di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi dan Sumatra Selatan.

Tak ingin mensia-siakan kunjungannya ke Suku Anak Dalam yang berada di tengah hutan, Nadiem pun menginap di lokasi ini.

Dalam unggahannya menggunakan kaus bertuliskan Merdeka Belajar, Nadiem menceritakan pengalaman menginap di salah satu ruang kelas tempat menginapnya.

“Seru sekali pengalaman saya di Jambi! Tadi malam saya menginap di ruang kelas adik-adik Suku Orang Rimba. Baru mau tidur, tiba-tiba ada suara telapak kaki naik ke kamar saya. Saya kaget dan terbangun. Ternyata adik-adik Suku Orang Rimba diam-diam mengunjungi saya. Mereka penasaran siapa pengunjung baru ini, dan saya diajak bermain. Akhirnya kami keterusan ngobrol dan bermain sampai malam. Mereka cerita mengenai kehidupan di hutan, cara memburu, memancing, begitu luas pengetahuan mereka tentang alam sekitar. Saya jadi menyadari masyarakat juga perlu belajar dari mereka cara menjaga keseimbangan alam,” tulisan Nadiem dalam ungguhannya.

Dalam video ini, terlihat Nadiem meminta beberapa anak yang memperkenalkan dirinya.

Melihat kesederhanaan mantan bos Gojek ini, apresiasi untuk blusukannya ini banyak dipuji  followersnya, salah satunya artis Happy Salma .
 
“Luar biasa... Salut,” tulis akun @happysalma
“Terharu baru kali ini mentri pendidikan keliling indonesia tp ga ditempat mewah❤️,”  komen@wi pangestika

 Tak cukup sekali Nadiem menulis keseruan  kunjungan kerjanya ini, dalam video lainnya berlatar belakang ruangan kelas dari bilik kayu, Nadiem menuliskan kebahagiannya

“Saya tidak akan pernah lupa dengan kunjungan ke Jambi kemarin. Banyak sekali cerita dari adik-adik dan para guru Orang Rimba yang baru pertama kali saya dengar. Beruntungnya lagi, saya diizinkan menginap di ruang kelas mereka. Karena tidur di lantai ruang kelas dan di tengah hutan, saya jadi merasa sangat dekat dengan alam. Terima kasih untuk ilmu dan pengalamannya!”

 




Menteri Perindustrian Dukung Pembentukan Satgas Pemberantasan Barang Impor Ilegal

Sebelumnya

Mendikbudristek Nadiem Makarim: Penting Menanamkan Rasa Cinta terhadap Perbedaan dalam Diri Anak Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News