post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

AISYAH merupakan salah satu istri Rasulullah saw. yang terkenal cantik dan cerdas. Bahkan Rasulullah saw. mengakui kecerdasan Aisyah di depan umatnya.

Tidak hanya cerdas, sebagai perempuan kecantikan Aisyah tiada tara. Digambarkan Aisyah memiliki kulit putih, tubuh ideal, bugar dan sehat. Hal itu didapatnya lantaran mengikuti pola makan yang biasa dilakukan Nabi Muhammad saw.

Walau sederhana, Aisyah diceritakan selalu mengonsumsi makanan penuh nutrisi. Makanan apa saja yang membuat Ummu Aisyah begitu sehat dan bugar serta memiliki tubuh yang ideal?

1. Mengonsumsi biji-bijian utuh

Ummu Aisyah senang sekali mengonsumsi biji-bijian utuh atau yang kita kenal dengan sereal. Jenis sereal yang dikonsumsinya adalah biji gandum, yang tidak digiling halus.

Bukti sehatnya biji gandum sudah melewati sebuah penelitian, bahwa biji gandum yang dihaluskan tidak lebih sehat dari gandum utuh. Sebab dalam kulit gandum terdapat banyak banyak nutrisi seperti vitamin, serat, dan mineral.

Seperti dikisahkan dalam sebuah hadits, "Dari Aisyah RA berkata, 'Keluarga Muhammad tidak pernah kenyang dari gandum halus selama 3 malam berturut-turut sejak tiba di Madinah hingga Beliau wafat'." (HR Bukhari)

2. Mengonsumsi serat

Serat sangat penting bagi kesehatan tubuh. Serat baik untuk pencernaan dan bisa digunakan untuk mengontrol berat badan. Sumber serat yang biasa dikonsumsi Aisyah adalah kurma.

Berdasarkan penelitian, dalam 100 gram kurma terdapat 0,7 gram serat, 54 mg kalium, dan 0,2 gram protein. Dan sesuai ajaran Nabi Muhammad Saw, sebaiknya mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil.

Seperti dikisahkan sahabat Nabi: "Dari Aisyah RA berkata, 'Keluarga Muhammad tidak pernah makan hingga dua kali dalam sehari melainkan salah satunya dengan makan kurma'," (HR Bukhari).

3. Makan 2 kali sehari

Keluarga Rasulullah selalu hidup sederhana. Bahkan tidak jarang dalam sehari mereka hanya makan dua kali. Biasanya mereka akan melewatkan waktu makan siang jika memang tidak ada yang dimakan.

Ada beberapa hadits yang mengisahkan hal demikian:

"Dari Ummul Mukminin Aisyah berkata, 'Rasulullah Saw ke rumahku seraya bertanya, 'Apa kamu memiliki makanan?'. Saya menjawab, tidak. Beliau lalu berkata, 'Kalau begitu saya berpuasa'."

"Dia (Aisyah) berkata, suatu hari beliau datang lagi kepadaku, lalu saya katakan kepadanya, 'kita diberi hadiah berupa makanan. Beliau bertanya, 'Apakah itu?' Saya menjawab, 'Hais, yaitu kurma yang dicampur dengan Samin dan Aqith'."

"Dia (Aisyah) berkata, suatu hari beliau datang lagi kepadaku, lalu saya katakan kepadanya, 'Kita diberi hadiah berupa makanan'." (HR Tirmidzi)

4. Makan timun dan kurma basah

Inilah tips kecantikan dan kebugaran Ummu Aisyah, yaitu mengonsumsi timun dan kurma basah. Kedua makanan ini juga dianjurkan oleh Rasulullah Saw.

Aisyah rutin mengonsumsi timun dan kurma basah sebelum dipertemukan dengan Nabi. Maksudnya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Dikisahkan dalam hadits riwayat Ibnu Majah, "ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah saw, dan usaha itu tidak membuahkan hasil sehingga aku memakan timun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal."

5. Rutin minum susu

Dalam pola makan keluarga Nabi Muhammad Saw, susu masuk di dalamnya. Susu dikonsumsi rutin oleh Aisyah.

Kala itu, pernah di rumah keluarga Nabi tidak terlihat asap mengepul dari dapur. Sebabnya, tidak ada bahan makanan yang dimasak.

Laksanakan 8 Sunnah di Hari Jumat, Insya Allah Bertabur Pahala Besar

Sebelumnya

Sudahkah Kita Mengenal Allah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur

image

Konten

image

KDRT