post image
Makan sambil berdiri ternyata tidak baik karena dapat membuat makanan tidak mengalami proses penggilingan yang normal/ Net
KOMENTAR

MAKAN adalah cara tubuh untuk mendapatkan energi dan nutrisi. Makan dengan gizi yang seimbang sangat baik untuk membentuk tubuh yang ideal dan menjaga diri dari berbagai penyakit.

Namun, ada beberapa kebiasaan atau cara makan yang salah, yang justru memicu penyakit. Cara-cara tersebut sebaiknya segera ditinggalkan, karena bukan lagi energi dan nutrisi yang diserap baik oleh tubuh, tapi memunculkan berbagai macam keluhan.

1. Makan terburu-buru

Makan buru-buru seringkali dilakukan agar waktu menjadi efektif. Tetapi hal ini justru membawa banyak dampak negatif.

Dampak pertama adalah pencernaan menjadi buruk. Mengutip Healthline, masalah tersebut adalah kembung, gas di dalam perut, dan gangguan pencernaan lainnya.

Kedua, kebaikan berat badan. Ya, makan terburu-buru justru akan memudahkan berat badan seseorang naik. Sebab, otak memerlukan waktu untuk memproses sinyal, bahwa kita sudah merasa kenyang.

Butuh waktu 20 menit untuk menyadari hal itu.

Tapi ketika kita makan dengan cepat, otak belum memproses sinyal kenyang, sehingga banyak makanan yang masuk ke tubuh. Akibatnya kalori berlebih dan obesitas terjadi.

Ketiga, penyerapan nutrisi menjadi tidak maksimal, karena proses mengunyah makanan tidak sempurna.

Dan keempat, menyebabkan munculnya sindrom metabolik. Menurut nhs.uk, sindrom metabolik ini adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

2. Kurang sayur dan buah

Kurang sayur dan buah dapat menurunkan daya tahan tubuh. Studi menunjukkan, orang yang lebih sedikit makan sayur dan buah lebih berisikp terkena penyakit jantung dan kanker.

3. Konsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji banyak mengandung gula. Mengonsumsinya secara berlebihan akan meningkatkan kadar kolesterol, sehingga berisiko terserang penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker.

Lemak yang terkandung dalam makanan cepat saji juga sangat berdampak buruk bagi tubuh. Dan jika terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, maka nutrisi dan vitamin yang didapat tubuh menjadi kurang, sehingga mudah sakit dan menurunkan daya tahan tubuh.

4. Tidak minum air yang cukup

Banyak orang makan tidak diiringi dengan minum air yang cukup. Air membantu proses pencernaan bekerja lebih optimal untuk melunakkan makanan.

Kurang air ini dapat berisiko menyebabkan dehidrasi dan memperlambat proses pencernaan.

5. Makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur tidak membuat tidur seseorang menjadi lebih pulas karena perut yang kenyang. Makan sebelum tidur justru mengakibatkan seseorang mudah terserang gangguan tidur.

Penyebabnya, pencernaan yang seharusnya beristirahat dipaksa untuk mengolah makanan. Akibatnya, akan terjadi gangguan pencernaan.

Akibat lainnya adalah mengalami kelelahan fisik dan mental. Orang yang senang makan sebelum tidur kemungkinan besar akan mengalami mimpi buruh akibat kelelahan.

6. Makan sambil berdiri

Makan sambil berdiri dapat membuat makanan tidak mengalami proses penggilingan yang normal. Akibatnya, penyerapan nutrisi jadi terhambat dan membuat ginjal bekerja keras mengolah air untuk mendukung terjadinya proses penghancuran makanan.

Kiat Bertahan 14 Tahun ala Srie Firman: Temukanlah Sahabat untuk Berbagi Rasa dan Membantumu Berdiri Tegak

Sebelumnya

Tekankan SADARI dan SADANIS, Dr. dr. Diani Kartini, Sp.B(K)Onk: Jangan Takut, Kanker Payudara Bisa Sembuh!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health