Ilustrasi/net
Ilustrasi/net
KOMENTAR

PARA ahli masih terus melakukan penelitian untuk menemukan obat khusus Covid-19, di tengah pandemi yang telah menelan banyak korban selama hampir dua tahun ini. Sebuah harapan muncul saat anak perusahaan Sinopharm mengumumkan temuan barunya bahwa sebentar lagi akan ada obat untuk menyembuhkan Covid-19.

Wakil presiden China National Biotec Group (CNBG), Zhu Jingjin mengatakan dalam rilisnya, bahwa obat Covid-19 pertama di dunia -berdasarkan imunoglobulin manusia yang dikembangkan dari plasma dari pasien Covid yang pulih- akan memasuki uji klinis.

Plasma konvalesen sebelumnya telah dimasukkan dalam rencana perawatan Covid-19 nasional, dan telah menunjukkan kemanjuran yang sangat baik untuk pasien Covid-19 yang sakit kritis dan parah”, kata Zhu, dalam rilis yang diterbitkan pada Minggu (5/8) oleh akun WeChat resmi milik Komisi Pengawasan dan Administrasi Aset Milik Negara Dewan Negara (SASAC).

“Dengan tidak adanya resistensi obat baru terhadap virus corona baru yang melanda dunia, CNBG, belajar dari pengalaman SARS, mengembangkan plasma konvalesen sebagai terapi untuk mengobati kasus kritis dan parah. Itu telah diakui dalam rencana perawatan Covid-19 nasional,” kata Zhu, yang juga pemimpin uji klinis senior CNBG.

Obat tersebut dapat diterapkan secara luas dan memicu respons cepat dalam perawatan darurat untuk pasien parah atau kelompok berisiko tinggi, katanya.

Selain obat, vaksin Covid-19 generasi kedua terbaru dari produsen yang dirancang khusus untuk varian umum seperti Delta dan Beta juga telah menunjukkan hasil awal yang baik.

Namun, bagi sejumlah ahli, pencegahan dan vaksinasi tetap merupakan cara yang paling efektif untuk menghentikan infeksi, dibandingkan dengan obat-obatan khusus yang hanya memberikan bantuan dalam lingkup terbatas.

“Karena begitu terinfeksi, virus menggunakan sel manusia untuk terus-menerus mereplikasi virus baru, dan imunoglobulin manusia semacam itu hanya dapat menetralkan virus di luar sel. Kekebalan seluler sangat penting melalui vaksin,” kata Tao Lina, pengamat vaksin Covid-19 yang berbasis di Shanghai.

Profesor imunologi lain yang berbasis di Beijing yang tidak disebutkan namanya memperingatkan bahwa obat tersebut mungkin mengandung risiko infeksi oleh virus lain, seperti Hepatitis B dan HIV serta penyakit menular melalui darah lainnya.

Sementara CNBG sebelumnya mengatakan mereka telah mengikuti proses penyaringan yang ketat untuk plasma yang disumbangkan.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News