KOMENTAR

PERKUMPULAN Istri Karyawan Rekayasa Industri (PIKA Rekind) merayakan HUT ke-17 dengan menggelar doa bersama dan webinar bertajuk "Bekal Ilmu Isolasi Mandiri di Rumah Bagi Penderita Covid-19" yang menghadirkan narasumber dr. Jaka Pradipta, Sp.P dari RS Dharmais Jakarta pada Minggu (22/8/21).

Perayaan HUT ke-17 PIKA Rekind yang dipandu Ibu Ardianti sebagai MC ini diikuti lebih dari 70 peserta yang terdiri dari jajaran pembina, pengurus, dan anggota PIKA Rekind, juga para purnabakti, karyawan dan karyawati Rekind juga anak perusahaan, beserta keluarga.

Di awal acara, Ibu Nurlaila Qamari selaku Ketua PIKA Rekind juga Ibu Triyani Utaminingsih selaku Direktur Utama Rekayasa Industri memberikan sambutan dan ucapan selamat ulang tahun untuk PIKA Rekind. Tidak ketinggalan ditampilkan pula video ucapan selamat dari para mantan Ketua PIKA Rekind, di antaranya Ibu Ella Sri Herawati (Periode 1), Ibu Prih Amiranti (periode 4) dan Ibu Eva Jorita (periode 7).

Sebelum masuk ke webinar kesehatan, terlebih dahulu diadakan doa bersama sebagai tanda syukur dan harapan bahwa PIKA Rekind akan terus tumbuh dan berkembang serta makin bermanfaat tak hanya bagi para anggota tapi juga untuk masyarakat luas, bangsa, dan negara.

Memasuki webinar kesehatan, para peserta fokus menyimak pemaparan dr. Jaka Pradipta. Dokter spesialis paru kelahiran tahun 1988 itu dikenal aktif sebagai pegiat edukasi Covid-19 dan mengabdikan diri di RS rujukan Covid-19—salah satunya di Wisma Atlet sejak tahun 2020.

Mengawali pemaparan dengan membahasa virus SARS-CoV-2 dan kondisi terkini Indonesia setelah dilanda badai varian Delta Juni-Juli kemarin, dr. Jaka juga menjelaskan secara detail tiga fase isolasi mandiri, kapan penderita Covid-19 dinyatakan sembuh, juga apa yang boleh dan belum boleh dilakukan oleh orang yang telah sembuh dari Covid-19.

Antusiasme peserta webinar PIKA Rekind tampak dari banyaknya pertanyaan yang ada dalam kolom chat. Mulai dari soal pengaturan isolasi mandiri bila ada bayi atau balita, pengaturan ventilasi dan penggunaan AC saat isolasi mandiri, keluhan long Covid dan kekhawatiran reinfeksi, vaksinasi dengan jenis vaksin berbeda, hingga pengobatan pascasembuh dari Covid-19. Webinar berlangsung lancar dipandu dr. Wenny sebagai moderator.

Solid Sepanjang Masa

Usia 17 tahun bagi sebuah organisasi merupakan usia matang yang mencerminkan kedewasaan dan kekompakan. Hal itulah yang tercermin dalam tubuh PIKA Rekind.

Dalam berbagai kesempatan, banyak anggota yang selalu mengungkapkan rasa bahagia karena persaudaraan yang terjalin di PIKA Rekind bersifat positif dan menceriakan. Kebersamaan penuh kekompakan itulah yang dirindukan para pengurus dan anggota.

Sebelum pandemi, PIKA Rekind memiliki agenda rutin untuk pertemuan anggota (gathering) yang biasanya diwujudkan dalam perjalanan wisata, juga kegiatan kreatif dan positif seperti talkshow, kajian agama, bazar Ramadhan, serta bakti sosial seperti penyerahan sumbangan ke panti asuhan dan penyerahan bantuan bagi keluarga karyawan Rekind yang terdampak banjir di awal tahun 2020.

Semenjak pandemi Covid-19 melanda negeri ini, PIKA Rekind tidak kehilangan cara untuk tetap berkembang, maju, dan bermanfaat bagi sesama. Dengan beradaptasi memanfaatkan teknologi informasi, PIKA Rekind telah menghadirkan webinar dengan bermacam tema bagi para anggota.

Mulai dari isu-isu kesehatan secara umum yang berhubungan dengan perempuan, tips menjaga kesehatan mental selama pandemi, trik makeup simpel nan cantik untuk tetap semangat di masa pandemi, kiat memupuk kepercayaan diri melalui public speaking, pembuatan eco enzym, serta yang berkaitan dengan hobi seperti memasak sajian nusantara, fotografi, maupun berkain praktis dengan wastra nusantara.

Dan yang tidak pernah terlupakan, PIKA Rekind menggelar tausiyah secara berkala menghadirkan para dai ternama seperti Ustaz Wijayanto, Ustaz Oemar Mitta, dan dr. Aisah Dahlan. Termasuk juga psikolog senior Ibu Elly Risman yang membawakan materi pengasuhan anak (parenting).

Seperti diketahui, unsur spiritual yang berujung pada ketenangan, kesabaran, dan keikhlasan menjadi sangat penting untuk dijaga agar tetap bahagia dan produktif di masa pandemi.

Menariknya, PIKA Rekind tak hanya menyelenggarakan sendiri webinarnya tapi juga bergabung dengan induk organisasi PIKA Pupuk Indonesia. Tak heran bila satu webinar seringkali diikuti hingga 500-an peserta.

Di usia 17 tahun, PIKA Rekind menghadirkan tagline "Solid Sepanjang Masa". Semoga untaian kalimat tersebut menjadi doa untuk persaudaraan yang kian erat, kreativitas yang makin mencerahkan, dan kebaikan yang kian berkembang.




Hadirkan Quraish Shihab, Buttonscarves Bersyukur Atas 8 Tahun Keberkahan

Sebelumnya

Memanfaatkan Momen Ramadan, Bank Mega Syariah Berikan Literasi Keuangan Syariah bagi Jemaah Masjid Istiqlal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E