post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KITA selama ini mengenal berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B, C, dan D. Jarang sekali kita mendengar vitamin K2 dan fungsinya bagi kesehatan tubuh.

Apakah Fungsi Vitamin K2?

Vitamin K, khususnya K2, memiliki peran penting bagi kesehatan jantung dan tulang. Vitamin ini membantu fungsi vitamin D3 agar tidak menumpuk di pembuluh darah yang bisa berakibat fatal, yaitu penyempitan pada pembuluh darah.

Dr Henry Suhendra, SpOT, Ketua Faith Orthopaedic Group memaparkan fungsi-fungsi vitamin K2 ini.

"Vitamin K2 bekerja melalui dua protein yang ada di dalam tubuh kita. Kedua protein ini dibuat aktif. Yang pertama adalah osteokalsin yang berfungsi memperkuat tulang. Fungsi keduanya sebagai pembersih kalsium di pembuluh darah," kata dr Henry.

Protein yang berfungsi sebagai pembersih kalsium di pembuluh darah itu bernama matrix gla protein (MGP). Protein ini kemudian diaktifkan oleh vitamin K2 untuk mengikat kalsium di pembuluh darah supaya tidak menjadi deposit kalsium. Kemudian kalsium-kalsium tersebut dibawa dan diletakkan di tulang.

Mengenal Natto

"Untuk mendapatkan hidup sehat, sebenarnya ada 3 hal yang penting, yaitu vitamin D3, Magnesium, dan vitamin K2. Vitamin D3 dapat kita peroleh dari sinar matahari, sementara K2 lebih susah. Kita harus mencari natto, yaitu sumber makanan yang kaya akan vitamin K2," ujar dokter ortopedi di RS Siloam Kebun Jeruk, Jakarta.

Natto adalah fermented soybean yang berasal dari Jepang. Sumber vitamin K2 ini memiliki rasa yang smelly dan slimy. Untuk mempermudah mengonsumsinya, vitamin K2 ini kemudian diolah dalam bentuk suplemen.

Selain dari suplemen, K2 bisa diperoleh dari produk susu yang mengandung lemak tinggi, khususnya keju. Kemudian kuning telur, hati dan jeroan hewan, ikan berlemak seperti salmon, ayam, dan tempe.

Saat ini belum ada rekomendasi asupan harian yang spesifik bagi vitamin K2. Namun ada asupan harian yang disarankan berdasarkan jenis kelamin, yaitu 120 mcg untuk pria dewasa dan 90 mcg untuk wanita dewasa.

Lalu, apakah mengonsumsi vitamin D3 harus dibarengi dengan vitamin K2? dr.Hendry menjawab tidak harus meski apabila itu dilakukan memang akan menambah fungsi dari vitamin D3 yang kita minum.


 

Cegah Klaster Sekolah, Kenali Gejala Covid-19 yang Umum Pada Anak

Sebelumnya

Vaksin Covid-19 Mengganggu Siklus Menstruasi dan Kesuburan, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health